-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Info GTK 2023 Dengan Fitur Baru
author photo
By On
Info GTK 2023 Dengan Fitur Baru

Info GTK 2023 periode Januari s/d Desember 2023 triwulan 1 sudah bisa diakses dan hadir dengan tampilan yang terbaru. Banyak perubahan fitur yang terjadi pada laman info GTK tersebut. Yuk cek dan login bagaimana fitur baru pada laman info GTK 2023 ini?.


Fitur profile yang menampilkan informasi pengguna info GTK. Fitur Validasi yang merupakan tampilan dari status hasil validasi TPG. Pada fitur ini, yang masih menjadi problem adalah tabulasi perhitungan beban mengajar yang belum bisa terdeteksi secara otomatis, masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.


DATA SIMTUN

Simtun adalah aplikasi pengelola tunjangan profesi guru dengan data yang berasal dari berbagai sumber. Salah satu data utama pada aplikasi ini adalah data kelulusan sertifikasi yang sudah memiliki NRG minimal satu tahun sebelum tahun berjalan.


Jika sudah ada NRG tetapi belum masuk kedalam simtun silahkan cek kebenaran NRG tersebut pada aplikasi KSG dan pelajari pula PP 41 tahun 2009. Jika terjadi kesalahan pada data kelulusan sertifikasi di simtun, silahkan konfirmasi datanya melalui aplikasi KSG ke operator KSG di Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangannya.


DATA KSG

KSG ada yang mengartikan sebagai singkatan konsorsium sertifikasi guru, lembaga ini diawal-awal proses sertifikasi guru dilaksanakan. Ada juga yang menyebutnya sebagai aplikasi konversi sertifikasi guru, karena aplikasi untuk melakukan konversi sertifikat pendidik.


Terlepas dari nama dan sebutannya, aplikasi KSG saat ini digunakan untuk melakukan perbaikan-perbaikan data sertifikasi guru jika terjadi ketidak sesuaian data, namun demikian prosesnya tetap harus sesuai prosedur:


Melakukan verval NRG jika ada kesalahan pada data pelengkap NRG, prosesnya :

  • Guru mempersiapkan segala dokumen berkaitan dengan proses sertifikasi
  • Serahkan dokumen ke Operator KSG di Dinas Pendidikan sesuai kewenangnnya
  • Operator KSG mengajukan Verval NRG lewat Aplikasi KSG, upload semua berkas yang diminta
  • Operator LPTK dimana pendidikan sertifikasi tersebut dilaksanakan akan melakukan pengecekan datanya, jika ternyata data valid maka akan di Aprove tetapi verval akan di tolak jika dokumennya dinyatakan tidak valid


Mengajukan NRG baru, prosedur pengajuan NRG baru hanya digunakan untuk guru yang pendidikan profesi guru dilaksanakan sebelum menjadi guru dengan jalur PPG Prajabatan

  • Siapkan dokumen PPG Prajabatan
  • Serahkan dokumen ke Operator KSG di Dinas Pendidikan sesuai kewenangan
  • Operator mengajukan NRG Baru dengan mengunggah dokumen.
  • Berkas akan di cek oleh LPTK
  • Jika Valid Maka NRG akan diterbitkan.
  • NRG yang baru terbit baru bisa menerima TPG pada tahun berikutnya

NUPTK menjadi kunci utama untuk proses validasi tunjangan profesi. Jika tidak memiliki NUPTK, maka NRG tidak bisa diterbitkan, sehingga tidak dapat dapat menerima tunjangan profesi guru. (PP 41 tahun 2009).


RESUME

Informasi yang ditampilkan berasal dari data yang dikirim sekolah melalui dapodik. Jika ada kesalahan data proses perbaikan-nya dilakukan di Sekolah masing-masing dan menjadi tanggungjawab pemilik data. 


Data Pokok Pendidikan yang selanjutnya disingkat Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online (Pasal 1 ayat 4 Permendikbud no. 4 tahun 2022).


TUNJANGAN

Menampilkan SK.TPG (PERIODE JANUARI - JUNI). Jika data hasil validasi pada periode Januari - Juni sudah memenuhi syarat tetapi belum terbit SKTPG, silahkan koordinasi dengan operator tunjangan sesuai dengan kewenangannya.



Status peringatan tidak mempengaruhi terbitnya SKTP, tetapi jika ada yang bisa diperbaiki, sebaiknya segera di-update perbaikannya.


Tugas Tambahan Ekuivalensi tidak dihitung sebagai penambah jam jika:
  • Guru mendapat tugas tambahan utama,
  • Kelebihan guru pada mapel yang di ampu
  • Bukan pada sekolah induk

Contoh jika guru A sudah mendapatkan jam tugas tambahan utama sebagai wakil kepala sekolah atau kepala lab, perpustakaan. Maka jika juga menambah tugas tambahan ekuivalensi sebagai Koordinator P5 jamnya tidak dihitung.

2 komentar

avatar

Apa rencana pengembangan Dapodik di masa depan? Regards Telkom University

avatar

Sekolah hanya sebagai user. Untuk pengembangan fitur Dapodik hanya tim pengembang Dapodik pusat yang berwewenang 🤭

Click to comment