-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Panduan Login Pendaftaran SNPB 2023
author photo
By On
Login Pendaftaran SNPB 2023

Panduan pendaftaran SNBP yang diisikan oleh siswa sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh panitia SNPMB. Siswa dapat mendaftar SNBP melalui portal SNPMB yang dapat diakses pada tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau melalui laman https://snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.


Tidak semua siswa dapat mendaftar SNBP. Hanya siswa yang sudah memiliki akun di portal SNPMB, akunnya sudah permanen, termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap pada saat pengisian PDSS oleh sekolah yang dapat mendaftar di SNBP.


Alur Pengisian data SNBP

Berikut adalah tahapannya:

1. Login di portal SNBP dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

2. Siswa mengisikan “Data Orang Tua” pada halaman PROFIL.

3. Siswa melakukan pendaftaran SNBP dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.

4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan.

5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah Anda dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.

6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.

7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu peserta.


Login Siswa

Silakan masuk ke halaman awal dengan login via Portal SNPMB yang dapat diakses pada tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau melalui langsung ke laman SNBP yang dapat diakses apada tautan https://snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Silahkan login dengan alamat Email dan Password yang didaftarkan dan diverifikasi pada portal SNPMB.


Jika anda memenuhi syarat untuk mendaftar SNBP, maka tampi halaman Profil. Halaman profil berisi informasi biodata dari siswa, perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan di portal, pun demikian juga Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah. 


Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNBP. Pada pengisian tahun ini, kolom Data Orang Tua hanya perlu mengisikan informasi Jumlah Tanggungan Orang Tua saja. Informasi Penghasilan Ayah Per Bulan dan Penghasilan Ibu Per Bulan tidak perlu diisikan karena didapatkan dari isian pada portal SNPMB.


Setelah selesai mengisi Jumlah Tanggungan Orang Tua tekan tombol SIMPAN yang ditandai dengan kotak hijau pada gambar di atas. Jika berhasil, akan muncul notifikasi "Berhasil menyimpan kelengkapan data".


Pilihan Prodi

Silakan pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri, setelah itu akan muncul Daftar Prodi yang bisa dipilih oleh siswa. Program studi yang akan muncul untuk tahun ini adalah seluruh jurusan karena batasan syarat jurusan IPA, IPS, ataupun Bahasa untuk jurusan tertentu pada PTN/Politeknik Negeri sudah tidak ada lagi pada pendaftaran SNBP tahun ini.


Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun.


Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai -, maka prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio. Berikut contoh tampilan jika prodi membutuhkan dokumen portofolio. Jika sudah memilih prodi, silakan tekan Simpan Semua Pilihan pada tombol di kanan atas.


Unduh Panduan Pendaftaran SNBP 2023

Click to comment