-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Kapasitas Penyimpanan Akun belajar.id Dibatasi, Segera Lakukan Ini!
author photo
By On
Kapasitas Penyimpanan Akun belajar.id Dibatasi, Segera Lakukan Ini!
Bapak/Ibu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pengguna akun belajar.id juga memiliki akses untuk menyimpan data berupa file ataupun dokumen untuk kegiatan pembelajaran secara online di ruang penyimpanan Google (Google Drive).


Per 2 Januari 2023 akan dilakukan penyesuaian fasilitas Akun belajar.id milik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Untuk itu, agar tetap dapat menggunakan Akun belajar.id dan ruang penyimpanan Google Anda dengan lancar, pastikan agar penggunaan Google Drive Anda tidak melampaui batas serta mengetahui ketentuan data-data yang boleh disimpan pada ruang penyimpanan Google yang terdaftar atas Akun belajar.id.


Oleh karena itu, segera lakukan backup dan simpan data penting anda sekarang!.


Terkait penggunaan media penyimpanan Akun belajar.id dalam batas wajar, ada beberapa hal yang perlu diketahui:


Kapasitas penyimpanan pada Akun belajar.id Anda akan menjadi 100GB (terbatas atau limited) mulai 2 Januari 2023 dan untuk besaran kapasitas tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan hasil evaluasi yang dilakukan secara berkala.


Akun yang melampaui kapasitas penyimpanan sesuai ketentuan yang baru ini tidak akan kehilangan datanya. Namun, Akun tersebut tidak akan dapat menyimpan file baru di Google Drive atau menyimpan foto atau video baru di Google Foto, dan tidak dapat menerima email dengan Akun belajar.id.


Untuk tetap dapat mengakses fitur Google Drive, Google Foto, dan fitur lainnya, perlu dilakukan pembersihan (cleansing) data, pencadangan (backup) data, dan/atau cara lainnya pada akun-akun yang melampaui ketentuan kapasitas yang baru ini.


Sehubungan dengan hal tersebut, Anda disarankan untuk segera melakukan langkah-langkah teknis sebagai mitigasi terhadap ketentuan kapasitas yang baru ini.


Untuk mengetahui kapasitas penggunaan Google Drive. Berikut langkahnya:


1. Silakan login ke Akun belajar.id Anda kemudian akses https://drive.google.com/drive/quota.


2. Pada pojok kiri bawah layar, akan terlihat batas (limit) kuota ruang penyimpanan Google Anda serta penggunaan Anda saat ini. Apabila penggunaan sudah melebihi batas, akan terdapat label ‘Storage Full’ dan Anda harus melakukan manajemen penyimpanan.


Agar penggunaan Google Drive dari Akun belajar.id Anda tidak melampaui batas kuota yang ditentukan ATAU jika penggunaan Anda memang sudah melampaui kuota, harap untuk melakukan penyortiran data yang tersimpan pada ruang penyimpanan tersebut atau melakukan pemindahan data ke media penyimpanan lain.

Click to comment