-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Siswa Tidak Mau Masuk Dapodik 2023, Ini Solusinya!
author photo
By On
Siswa Tidak Mau Masuk Dapodik 2023

Melakukan tarik data siswa baru adalah salah satu cara menambahkan data siswa ke aplikasi Dapodik 2023 yakni peserta didik baru pada sekolah yang terdaftar di aplikasi Dapodik melalui laman manajemen sekolah (https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/).


Siswa tidak mau masuk ke aplikasi Dapodik juga enjadi masalah yang saya alami, mungkin kasus ini juga terjadi pada aplikasi dapodik anda. Ada satu siswa yang setelah saya daftarkan ternyata belum masuk ke aplikasi Dapodik meskipun sudah beberapa kali melakukan tarik data dan sinkronisasi.


Untuk memastikan bahwa siswa tersebut benar-benar sudah terdaftar di sekolah kita, maka bisa kita cek melalui laman manajemen sekolah pada menu siswa terdaftar. Jika di sana siswa sudah muncul artinya memang secara prosedural siswa sudah berhasil kita daftarkan. Yang menjadi permasalahannya adalah siswa tersebut tidak bisa masuk ke aplikasi Dapodik.


Kasus siswa tidak masuk pada dapodik ini terjadi pada kondisi aplikasi Dapodik yang kami pakai sudah termutakhirkan pada versi yang terbaru yakni Dapodik versi 2023.a. Hal ini mungkin masih terdapat beberapa bug yang harus di update lagi.


Solusi Mengatsi Siswa Tidak Mau Masuk Dapodik 2023

Mungkin solusi ini bisa berbeda di tempat Anda karena dapodik itu sesuatu yang unik 😁😁😁. Untuk mengatasi siswa tidak mau masuk ke aplikasi Dapodik tersebut solusi yang kami lakukan adalah dengan cara melakukan uninstal dapodik kembali dan ini benar-benar berhasil.


Langkahnya sebagai berikut:

1. Uninstall Dapodik dengan menggunakan CCleaner, YourUnisntaller atau yang lainnya.

2. Hapus folder dapodik yang ada di local C:

3. Bisa kita lakukan Restart Laptop/Komputernya terlebih dulu

4. Unduh dan install ulang aplikasi Dapodik versi 2023

5. Lakukan registrasi Dapodik Online atau Offline

6. Setelah berhasil, bisa kita lakukan Restart Laptop/Komputernya terlebih dulu

7. Login dan pilih role penggunanya dengan benar (karena sering salah maka muncul masalah pengguna tidak terdaftar)

8. Lakukan update aplikasi Dapodik versi 2023.a


Dengan langkah tersebut siswa yang tadinya tidak bisa masuk ke aplikasi Dapodik meskipun sudah beberapa kali kita melakukan tarik data dan sinkronisasi, secara otomatis peserta didik masuk ke local host Dapodik.


Jika siswa sudah masuk di aplikasi sp datadik namun belum juga masuk ke aplikasi Dapodik setelah melakukan sinkronisasi maupun tarik data dan bahkan sudah melakukan uninstall maka Solusinya harus dilakukan pengaktifan data siswa oleh operator dinas.


Masalah tersebut biasanya dikarenakan data siswa sering melakukan mutasi. Oleh operator dinas data siswa tersebut akan di tracking dan diaktifkan setelah itu lakukan sinkronisasi data.

Click to comment