-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

PTK/GTK Baru Tidak Bisa Masuk Ke Dapodik Localhost
author photo
By On

PTK/GTK Baru Tidak Bisa Masuk Ke Dapodik Localhost

PTK/GTK Baru Tidak Bisa Masuk Ke Dapodik Localhost setelah melakukan tarik data dan sinkronisasi, meskipun juga telah melakukan uninstall aplikasi dapodik, apa penyebabnya?. Untuk menjawab permasalahan ini, perhatikan baik-baik proses dan prosedurnya.


Penambahan data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) baru bagi satuan pendidikan swasta yang dibawah naungan yayasan dilakukan oleh operator yayasan sedangkan untuk satuan pendidikan negeri ditambahkan oleh operator dinas pendidikan melalui laman https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/site/index.


Sebelum operator sekolah melakukan sinkronisasi atau tarik data untuk memasukkan data PTK baru ke aplikasi Dapodik localhost. Pastikan kedua prosedur tersebut dibawah:


1. Pastikan bahwa data PTK baru yang ada di laman https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/site/index statusnya sudah di setujui.


2. Pastikan bahwa data PTK baru yang ada di laman manajemen sekolah https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ sudah masuk pada data PTK terdaftar


Sering operator sekolah dengan tergesa setelah melakukan penambahan data PTK baru langsung melakukan tarik data atau sinkronisasi tanpa melihat melihat prosedur data diatas. Hal inilah yang menyebabkan data PTK baru tidak bisa masuk ke aplikasi Dapodik localhost.


Proses penambahan PTK baru membutuhkan persetujuan yang sedikit lama oleh operator KK datadik. biasanya paling cepat 7 hari masa kerja dan bahkan bisa sebulan lebih. Oleh karena itu, setelah menambahkan data PTK baru sebaiknya koordinasi dengan operator Dinas Pendidikan agar data PTK baru segera di proses persetujuannya.


Setelah data PTK baru statusnya sudah di setujui, maka selanjutnya melihat data PTK baru tersebut di laman manajemen sekolah untuk memastikan bahwa PTK tersebut sudah masuk pada data PTK terdaftar. Dalam tahap ini biasanya sinkronisasi data membutuhkan waktu paling cepat 2x24 jam atau bahkan seminggu. Hal ini juga tergantung dari pola kestabilan server pusat.


Setelah operator sekolah sudah memastikan kedua prosedur diatas, selanjutnya hanya melakukan tarik data melalui Aplikasi Dapodik. Tarik data tidak membutuhkan kevalidan data yang berbeda dengan proses sinkronisasi, namun tetap melakukan prosedur validasi.


Dari alur ini mungkin sudah jelas penyebab kenapa PTK/GTK Baru Tidak Bisa Masuk Ke Dapodik Localhost dan cara mengatasinya.


Bagaimana jika data PTK tersebut masuk pada menu daftar PTK tidak aktif?


Untuk menelusuri masalah tersebut maka kita bisa melakukan tracking data PTK melalui dasbor operator Dinas karena operator sekolah maupun yayasan tidak memiliki akses kontrol perubahan data PTK .


Pada poin ini kita hanya memastikan data PTK baru tersebut apakah masih ada data yang salah saat melakukan entri data. Jika ada maka yang bisa melakukan perbaikan data adalah operator Dinas. Terkadang data ini kesalahannya ditemukan pada status kepegawaiannya.


Nah, setelah operator Dinas melakukan perbaikan data, silahkan lakukan sinkronisasi Dapodik agar data PTK baru bisa masuk ke aplikasi Dapodik 2023.


Seangat, salam satu data 💪

Click to comment