-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Dapodik 2023.a Masih Ada Bug? 🪲
author photo
By On
Dapodik 2023.a Masih Ada Bug
Aplikasi Dapodik 2023.a masih ada Bug 🐞 (mungkin lebih tepatnya baca error saja). Masalah Bug (error) Dapodik ini mungkin bisa berbeda di aplikasi Dapodik Anda. Yang kami alami error ini ada pada fitur tabel Jadwal yang berubah menjadi warning kembali setelah melakukan sinkronisasi.


Meskipun error ini tidak begitu riskan namun tetap mempengaruhi efektivitas pengentrian data. Betapa tidak, operator harus bekerja ulang lagi untuk memperbaiki data yang tadinya sudah valid sinkron berubah menjadi warning.


Nah, sebenarnya penyebab bug (error) yang umumnya ditemukan pada suatu aplikasi adalah semakin kompleks suatu aplikasi, semakin tinggi pula kemungkinan munculnya bug. Sebab, dengan banyaknya kode yang berjalan pada waktu bersamaan dibutuhkan ketepatan coding yang baik.


Bisa jadi, katakanlah karena waktunya terbatas, setiap penambahan fitur baru di sebuah aplikasi tidak melibatkan testing dengan baik. Hasilnya, muncul banyak bug yang malah membuat aplikasi error.


Kembali ke masalah awal. Kenapa saya mengatakan bahwa aplikasi Dapodik 2023.a ini masih terdapat bug?. Apakah masalah ini tidak disebabkan oleh spesifikasi laptop atau jaringan internet saja?. Atau hanya masalah cached histori saja?.


Sebelum kami tunjukkan kronologi dari masalah diatas sebagai alasan adanya bug (error). Untuk menjawab pertanyaan yang kedua, akan kami tunjukkan dulu spesifikasi laptop atau jaringan internet yang kami pakai. Berikut; Processor 11th Gen Intel(R) Core(TM) i5-1135G7 @ 2.40GHz 2.42 GHz, Installed RAM 8,00 GB (7,56 GB usable), System type 64-bit operating system, x64-based processor, Pen and touch Pen and touch support with 10 touch points, SSD 512gb. Dengan jaringan internet yang kami pakai adalah 100Mbps.


Bagaimana dengan masalah cached histori? Hal ini jangan ditanya karena kami selalu aktif membersihkan cached histori sebelum dan seduah melakukan update entri data Dapodik. Jadi saya kira clear tidak di masalah laptop, jaringan internet maupun cached histori.


Jadi, sebagai gambaran kronologi, kami mengatakan masih ada bug di aplikasi dapodik 2023.a adalah berikut:

1. Kami melakukan update mapping jadwal setelah valid dan sinkronisasi berhasil, kemudian kembali ke admin operator dan kami pastikan lagi validasinya ternyata muncul warning di tabel rombongan belajar dan jadwal.

2. Karena muncul warning di tabel rombongan belajar dan jadwal, kami lakukan update entri data ulang, setelah valid dan sinkronisasi yang kedua berhasil. Namun setelah kembali ke admin operator dan kami pastikan lagi validasinya ternyata muncul warning di tabel rombongan belajar dan jadwal. Disini kami lakukan clear cached histori barang kali ini penyebabnya.

3. Kondisi tersebut (update mapping jadwal) kami lakukan ulang sampai 5 kali validasi dan sinkronisasi dan akhirnya berhasil tidak muncul warning di tabel rombongan belajar dan jadwal pada tabel validasi.


Nah, dari kronoligi tersebut kami bisa menyimpulkan bahwa aplikasi dapodik 2023.a belum sepenuhnya fix. Adanya bug (error) pada aplikasi dapodik 2023.a harus ada pembaruan dan perbaikan lagi.


Bapak/Ibu operator menemukan bug pada aplikasi Dapodik 2023.a di bagian yang mana? silahkan komentar....😁💪

Click to comment