-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Update EMIS PAI 2022/2023 Sinkronisasi Data Kemenag dan Kemdikbud
author photo
By On
Update EMIS PAI 2022/2023 Sinkronisasi Data Kemenag dan Kemdikbud

Melalui Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama melaksanakan kegiatan sinkronisasi EMIS di semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengintegrasi data pendidikan antara Kemenag dan Kemdikbud yang dilakukan dalam rangka meningkatkan tata kelola dan kualitas data pendidikan secara bersama-sama.


Adapun updating data EMIS PAI 2022/2023 yang harus dilakukan oleh para guru PAI adalah sebagai berikut:


1. Bagi guru PAI segera nelakukan pemutakhiran data EMIS PAI semester ganjil tahun akademik 2022/2023 melalui laman https://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai


2. Update EMIS PAI berlangsung selama 18 Juli sampai dengan 19 Agustus 2022


3. Bagi guru PAI harap menyetorkan/melaporkan hasil update EMIS PAI yang berupa berita acara dan PTK Dapodik (di ambil melalui dasbor Dapodik operator sekolah) ke seksi PAIS Kemenag

  1. Bagi guru PAI sertifikasi pada saat pemberkasan (jadwal menyusul)
  2. Bagi guru PAI non sertifikasi (paling lambat 2 September 2022)

4. Bagi guru yangvtidak update EMIS PAI sesuai jadwal, tidak akan tercover pada Kementrian agama baik dari Pusat, Provinsi, mauoun Kabupaten


5. Guru PAI yang sudah memiliki masa purna periode Januari - Juli 2022 mohon untuk menonaktifkan data Dapodik masing-masing.


Education Management Information System (EMIS) adalah sistem pengelolaan data pokok pendidikan Islam yang dikelola oleh Sekretariat Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.


EMIS dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan jajaran Ditjen Pendis dan stakeholder lain akan tersedianya data pendidikan Islam yang lengkap, akurat, mutakhir dan tepat waktu guna mendukung perencanaan dan pengambilan kebijakan program prioritas Pendidikan Islam.


EMIS menjadi acuan bagi sistem informasi pendukung pengelolaan program pendidikan Islam yang dikembangkan unit-unit kerja lain. Update data EMIS merupakan kebutuhan bersama guna mengetahui kondisi riil di tempat guru PAI bertugas.


Data yang kredibel atau valid adalah syarat penyelenggaraan pemerintah yang baik dan terwujudnya program yang berkualitas. Kalau datanya tidak valid, maka programnya pun menjadi tidak tepat sasaran dan akan terjadi penyimpangan.


Integrasi data EMIS dengan DAPODIK & PD-DIKTI dikoordinasikan oleh Pusdatin Kemdikbud, selaku penanggungjawab pengelolaan referensi data pendidikan (satuan pendidikan, peserta didik serta pendidik dan tenaga kependidikan).


Oleh karena itu pengisian data EMIS ini adalah suatu tuntutan yang wajib dikerjakan dan data harus betul-betul valid agar di kemudian hari tidak akan muncul permasalahan.


Permasalahan yang muncul akan berpengaruh besar dampaknya pada lembaga dan yang lebih jauh lagi itu berdampak pada institusi Kementerian Agama yang menaunginya.


Yuk Bapak/Ibu guru PAI updating data EMIS PAI karena kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan data EMIS PAIS Kabupaten  yang valid dan akurat serta bisa dipertanggungjawabkan.

2 komentar

avatar

untuk paswod login emis pai,bagaimana min???

avatar

Jika belum diupdate Pakai NPSN

Click to comment