-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Isi SK Izin Kurikulum Merdeka Di Dapodik 2023
author photo
By On
Cara Isi SK Izin Kurikulum Merdeka Di Dapodik 2023

Cara mengisi SK Izin Kurikulum Merdeka di Aplikasi Dapodik 2023. Sekolah yang sudah ditetapkan melalui Keputusan Kepala BSKAP tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri pada Tahun Ajaran 2022/2023 bisa mengisi SK Kurikulum Merdeka di Dapodik dengan langkah berikut:


Langkah Mengisi SK Izin Kurikulum Merdeka

1. Masuk ke dasbor aplikasi Dapodik

2. Pilih menu "Sekolah"

3. Di bagian data rinci sekolah pilih menu "Pengajaran yang dilayani". Jika belum ada, maka buat terlebih dulu dengan cara: pilih menu "Tambah". Pilih tabel "[Merdeka] Umum". Simpan dan tutup.

4. Pilih "[Merdeka] Umum", tekan menu "Edit Program Pengajaran"

5. Masukan "Nomor SK Izin dan Tanggal SK Izin Kurikulum Merdeka"

6. Simpan dan selesai


Dalam rangka melaksanakan ketentuan dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, perlu penetapan satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri.


Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dari usia 5 (lima) sampai dengan 6 (enam) tahun pada pendidikan anak usia dini, serta peserta didik kelas I, kelas IV, kelas VII, dan kelas X pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


Satuan pendidikan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri tahun ajaran 2022/2023 terdiri dari 3 (tiga) kategori pelaksanaan implementasi:

  1. mandiri belajar
  2. mandiri berubah, ataum
  3. andiri berbagi


Satuan Pendidikan dapat melakukan perubahan pilihan kategori pelaksaaan implementasi Kurikulum Merdeka paling lambat tanggal 31 Mei 2022 melalui laman pendaftaran.


Bagi sekolah yang sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala BSKAP tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap I. Bisa unduh surat keputusan disini.


Bagi sekolah yang sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala BSKAP tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap II. Bisa unduh surat keputusan disini.


Satuan Pendidikan yang belum mendapatkan SK Izin Kurikulum Merdeka, silahkan mendaftar melalui laman: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/ pilih menu daftar. Atau ke laman: https://sim-gurubelajar.simpkb.id/


Salam satu data. Semoga berhasil.

Click to comment