-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak V.2022
author photo
By On
Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak V.2022

Sekolah yang akan melaksanakan kurikulum merdeka di tahun pelajaran 2022/2023 mendatang sudah saatnya melakukan perubahan dan menyiapkan semua perangkat yang dibutuhkan. Salah satunya perangkat yang tidak terpisahkan adalah aplikasi pengolahan dan pelaporan nilai.


Dalam pelaksanaan penilaian oleh guru sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran,  sekolah sangat memerlukan aplikasi atau alat bantu khususnya dalam rangka mempermudah saat melakukan pengolahan dan pelaporan penilaian peserta didik yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Sekolah Penggerak.


Kabar baiknya, kini sudah tersedia Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak V.2022 release terbaru yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP) ini dikembangkan oleh seorang pendidik dan praktisi pendidikan dari Kabupaten Karangasem, Propinsi Bali, I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd.


Mengutip dari laman resminya, Secara teknis Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Setditjen Dikdasmen. Aplikasi Rapor-SP menggunakan data dari Aplikasi Dapodik sebagai sumber data/referensi dalam pengelolaan data penilaian di sekolah. Selain mengintegrasikan dengan dapodik, Aplikasi Rapor SP juga dapat mengakomodir data guru yang belum terdaftar di dapodik serta dapat menyesuaikan data wali kelas dan pembelajaran secara lokal tanpa mempengaruhi aplikasi dapodik.


Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak adalah aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang berfungsi sebagai manajemen penilaian yang komperehensif dan terpadu untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan baik pada jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak / Sekolah Pusat Keunggulan. Silahkan baca lebih lanjut di https://paseksmanda.blogspot.com/2021/11/rapor-sekolah-penggerak.html.


Kali ini, admin hanya bermaksud memberikan jembatan kepada Anda untuk meneruskan berbagi informasi mengenai Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak V.2022 dari sumber diatas yang barangkali Anda belum sempat mengetahuinya.


Release Instaler dan Update Rapor SP V. 2022

Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP) sudah melakukan beberapa release versi. Untuk versi yang pertama, Anda bisa download disini. Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak dapat berjalan pada komputer Windows 64 Bit. Disana juga sudah disediakan Panduan Penggunaan Aplikasi Rapor-SP dalam bentuk video secara lengkap baik Panduan Untuk Administrator, panduan guru, panduan wali kelas maupun panduan untuk siswa.


Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP) untuk Release Update Rapor-SP V. 2021.a bisa Anda download disini. Pada versi 2021.a ini diharapkan permasalahan terkait guru kelas, editing data guru lokal dan pengelompokan mapel sudah bisa teratasi, serta aplikasi rapor-sp dapat juga dipergunakan pada semua jenjang pelaksana kurikulum sekolah penggerak maupun pusat keunggulan mulai jenjang SD, SMP, SMA, SLB dan SMK.

Selain Update Rapor-SP V. 2021.a, juga sudah tersedia aplikasi Instaler Rapor-SP V.2021.a bagi pengguna baru. Untuk panduan update maupun instal aplikasi Rapor Sekolah Penggerak silahkan ikuti link diatas.


Pada Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak versi 2022 juga di rilis dalam bentuk updater dan instaler. Pada versi ini diharapkan permasalahan terkait guru kelas, editing data guru lokal, editing data siswa, pengelompokan mapel, backup-restore data serta fitur rapor projek sudah dapat difasilitasi melalui Rapor-SP 2022.


Panduan Update Aplikasi Rapor SP V.2022:

Untuk pengguna Rapor-SP versi 2021.a
Untuk sekolah yang sebelumnya sudah melakukan instalasi rapor-sp versi 2021.a lakukan langkah-langkah berikut :
  • Tutup aplikasi rapor sp
  • Download Updater Rapor-SP V.2021.a to 2022
  • Matikan antivirus selama proses instalasi.
  • Install Updater Rapor-SP V.2021.a to 2022 (tunggu hingga selesai)
  • Bersihkan cookies dan cache pada browser
  • Selesai, silahkan dicoba untuk diakses lagi sesuai panduan.


Untuk pengguna baru
Untuk sekolah yang baru menggunakan, silahkan lakukan langkah-langkah berikut.
  • Download instaler Rapor-SP V.2022
  • Matikan antivirus selama proses instalasi.
  • Pastikan bahwa anda menggunakan Windows 64bit dan terinstall browser yang fresh (rekomendasi tanpa plugin)
  • Install aplikasi Rapor-SP V.2022 (Run As Administrator)
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai
  • Restrat kompoter (jika diperlukan)
  • Selesai, silahkan dicoba untuk diakses lagi sesuai panduan.

User dan password admin standar adalah (user : administrator Password : administrator)
Untuk download aplikasi Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak V.2022 ini Anda diharuskan mengisi Form Registrasi Aplikasi Rapor SP, silahkan lihat disini.


Harapan pengembang, semoga aplikasi ini dapat membantu sekolah dan para guru di indonesia dalam mengelola penilaian dan menyusun laporan hasil belajar khususnya pada sekolah pelaksana kurikulum sekolah penggerak dan SMK pusat keunggulan.

Click to comment