-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Aplikasi TanyaBOS
author photo
By On
Aplikasi TanyaBOS

Aplikasi TanyaBOS adalah forum tanya jawab resmi dari Kemendikbudristek dengan tujuan memberi informasi yang akurat bagi sekolah dalam pengelolaan dana BOS.


Kecil ataupun besarnya isu, kendala, dan kebingungan yang Anda hadapi itu layak ditanyakan di forum ini. Tidak ada pertanyaan yang benar atau salah, semua pertanyaan akan ditanggapi oleh tim BOS Kementerian Pusat secara teliti agar jawaban yang diberikan di forum dapat dipertanggung jawabkan.


Dengan mengutarakan pertanyaan disini, Anda juga membantu teman-teman satuan pendidikan lain yang memiliki kebingungan yang sama dengan Anda. Semakin banyak pertanyaan, semakin banyak pula pengetahuan yang bisa didapatkan.


Berikut adalah 4 langkah mudah untuk memposting pertanyaan:


1. Pilih tombol Masuk, lalu Log In menggunakan akun belajar.id Anda


2. Pilih tombol “Topik Baru” yang ada di pojok kanan atas


3. Tulis judul pertanyaan, pilih kategori pertanyaan dan jabarkan lebih rinci pertanyaan Anda di kolom yang disediakan


3. Tekan tombol “Buat Topik”


Aplikasi Tanya BOS tidak hanya berlaku untuk bendahara BOS saja, jika Anda termasuk tim pendanaan sekolah Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini.


Forum ini dikhususkan untuk menjawab berbagai pertanyaan, isu, kendala, dan menyebarkan praktik cerdas dalam pengelolaan dana BOS, karena kami paham banyak tata cara yang membingungkan, kebijakan aturan yang multi tafsir dan belum konsisten.


Maka dari itu TanyaBOS hadir untuk menghilangkan keraguan Anda dalam mengelola dana sehingga lebih percaya diri dan fokus dalam memanfaatkan dana BOS yang terbaik untuk sekolah Anda.


Apa saja yang bisa Anda lakukan di dalam TanyaBOS?


1. Mencari dan membaca jawaban dari pertanyaan pada forum

  • Klik judul pertanyaan untuk melihat jawaban
  • Klik judul kategori untuk melihat isi pertanyaan pada kategori yang dipilih
  • Pilih tombol Kategori untuk mengeksplorasi topik yang bisa Anda baca: a) Penggunaan Dana, b) Kebijakan dan Aturan, c) Tutorial Teknis, d) Pencairan Dana.
  • Gunakan tombol Cari di pojok kanan atas untuk mencari topik, artikel, pengguna atau kategori yang relevan untuk Anda
  • Jawaban yang memiliki label “Jawaban Terverifikasi” adalah jawaban yang secara resmi dikurasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga aman untuk dijadikan referensi Anda

2. Menanggapi dan merespon pertanyaan atau jawaban

  • Klik tombol Balas yang ada di bawah pertanyaan untuk menuliskan tanggapan Anda
  • Klik tombol Share untuk membagikan tautan (link) pada halaman pertanyaan tersebut

3. Memposting pertanyaan. isu atau kendala terkait pengelolaan dana BOS

  • Log In terlebih dahulu, dengan menggunakan akun belajar.id dengan memilih Sign in with Google
  • Klik tombol “+Topik Baru” pada halaman utama, untuk memposting pertanyaan
  • Isi kolom judul postingan dengan judul pertanyaan yang ingin kamu tanyakan
  • Pilih kategori yang sesuai dengan isi pertanyaanmu, di kolom sebelah kanan judul (Jika menurut Anda tidak ada kategori yang sesuai, pilih kategori “Uncategorized”)
  • Tuliskan deskripsi tambahan pada postinganmu pada kolom yang disediakan. Berikan contoh spesifik tentang isu atau kendala yang kamu hadapi agar Tim BOS Kemendikbud Pusat bisa menjawab secara akurat
  • Setelah selesai klik tombol “Buat Topik” untuk mengirim postingan Anda, klik tombol “Batal” jika Anda ingin menghapus draft postingan yang sudah kamu isi
  • Pertanyaan Anda akan terjawab paling lama dalam rentang waktu 3x24 jam setelah postingan berhasil dibuat. Estimasi ini dapat berubah tergantung dari jumlah pertanyaan yang masuk dan tingkat kesulitan isu/kendala yang ditanyakan
  • Anda akan mendapatkan notifikasi via email tentang seluruh aktivitas yang ada di postingan Anda, termasuk jika ada jawaban dari Tim BOS Pusat Kemendikbud

Untuk pertanyaan seputar penggunaan TanyaBOS silahkan kontak melalui tanyaBOS@wartek.belajar.id

Click to comment