-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Update Aplikasi Dapodik Versi 2022.c
author photo
By On

Update Aplikasi Dapodik Versi 2022.c

Aplikasi Dapodik selalu melakukan pembaruan versi. Rutinitas minimal pembaruannya adalah dilakukan setiap semester. Hingga kini, Pembaruan Aplikasi Dapodik sudah Versi 2022.c yang terbaru. Saat menjalankan pembaruan dapodik, bisa menggunakan installer maupun patch.


Kenapa Dapodik harus di perbarui?

Sebenarnya pertanyaan ini tidak perlu lagi dijawab. Namun diluaran sana, saya menemukan beberapa kasus, masih ada beberapa operator yang tidak mau melakukan pembaruan dapodik ke versi yang sudah ditentukan.


Alasannya cukup sederhana katanya ribet masih lebih baik yang versi lalu. Anehnya mereka masih mempertahankan versi yang lama dan tentu saja hal ini tidak dianjurkan. Nah, tidakkah mereka berpikir ada beberapa pembaruan serta perbaikan yang tidak ada pada versi sebelumnya?


Jika kita tidak melakukan pembaruan dapodik pada versi yang terbaru maka akan muncul trouble juga karena versi yang kita gunakan sudah kadaluarsa. Oleh karena itu, sebaiknya operator mengikuti update Aplikasi Dapodik Versi terbarunya.


Baca dan fahami sebelum update Aplikasi Dapodik Versi 2022.c

Pada rilis Aplikasi Dapodik Versi 2022.c telah dilakukan perbaikan dan penambahan kurikulum untuk sekolah Penggerak jenjang Pendidikan Khusus dan PAUD. Perbaikan dan pembaruan dilakukan sebagai tindak lanjut penambahan kurikulum dan fitur baru rapor khusus untuk sekolah penggerak pada Aplikasi Dapodik yang dapat mengganggu kelancaran satuan pendidikan dalam melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022.


Seperti dikutip pada laman aslinya, adapun perbaikan dan penambahan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik versi 2022.c adalah sebagai berikut:

  • Terakomodirnya kurikulum Sekolah Penggerak utk jenjang SLB dan TK. [Pembaruan]
  • Penambahan fitur baru cetak rapor bagi satuan pendidikan penyelenggara kurikulum sekolah penggerak [Pembaruan]
  • Bugs fixing pada saat menyimpan isian pada formulir sekolah. [Perbaikan]
  • Penyesuaian validasi pengecekan yayasan pada sekolah swasta. [Perbaikan]

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2022.c

Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi Dapodik versi 2022.a, 2022.b dan 2022.a-sp sekolah tidak perlu melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Agar dapat melakukan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022.c, Satuan Pendidikan dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh file patch dapodik 2022.c di sini; di sini;
  2. Install patch dapodik 2022.c;
  3. Refresh browser (ctrl+F5);
  4. Login Aplikasi Dapodik. Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2022.c;

Bagi Sekolah Penggerak jenjang Pendidikan Khusus dan PAUD agar dapat mengupdate pembelajaran menjadi Kurikulum Sekolah Penggerak dapat mengikuti Langkah berikut:

  1. Login Aplikasi Dapodik;
  2. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi;
  3. Pilih Menu Rombongan Belajar;
  4. Klik Tambah Rombongan Belajar;
  5. Isi semua kolom dan pastikan kolom kurikulum dipilih Kurikulum Sekolah Penggerak;
  6. Klik Simpan.

Panduan pengisisan nilai rapor sekolah penggerak Dapodik 2022.c unduh di sini; Salam satu data semoga berhasil.

Click to comment