-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Pedoman KoPSI 2021 SMA
author photo
By On
Pedoman KoPSI 2021 Jenjang SMA

Pada tahun 2021 ini, Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk tetap menyelenggarakan kompetisi penelitian ilmiah untuk para siswa SMA/MA/sederajat yang dikemas dalam kegiatan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) serta meningkatkan kualitas penyelenggaraannya. Tema yang ditetapkan pada KoPSI Tahun 2021 adalah Inovasi Potensi Lokal untuk Pemulihan Indonesia.


KoPSI menjadi wadah bagi para siswa SMA / MA / sederajat untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.


Terdapat 3 bidang KOPSI jenjang SMA/MA yang bisa Anda ikuti, diantaranya:

  1. Matematika, Sains dan Teknologi (MST).
  2. Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR).
  3. Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH).

Pendaftaran dibuka pada tanggal 10 Mei 2021. Informasi lebih lengkapnya mengenai peraturan dan mekanisme kegiatan KoPSI sebagai pedoman bagi penyelenggara KoPSI Tahun 2021. Unduh disini


Alur Pelaksanaan  KoPSI Tahun 2021

  1. Peserta Mendaftar : Mengisi biodata ketua dan anggota peneliti
  2. Unggah Proposal : 1). Surat pernyataan belum pernah diikutkan lomba atau pernah dilombakan tetapi belum mendapat juara/penghargaan di tingkat nasional. 2) Proposal.
  3. Mendapatka Kode Registrasi
  4. Review Proposal
  5. Melaksanakn Penelitian Berdasarkan hasil Review
  6. Unggah hasil Penelitian : Berkas: 1. Abstrak,  2. Laporan Penelitian
  7. Seleksi Hasil Penelitian : Di tolak : Selesai. Di terima : Menjadi Finalis
  8. Finalis
  9. Persiapan expo : PPT, Poster, Logbook, Video
  10. Persiapan Poster dan Presentasi

Keberhasilan penyelenggaraan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2021 ditentukan oleh semua unsur terkait secara aktif, tertib, teratur, disiplin, dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Dengan memahami Pedoman KoPSI 2021 ini, diharapkan semua pihak dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga mencapai hasil secara optimal.

Click to comment