-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Registrasi KSN 2021 https://mtn-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/
author photo
By On
Cara registrasi KSN 2021

Pendaftaran peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kabupaten/Kota Jenjang SMA/MA Tahun 2021 segera dibuka. Registrasi dilakukan oleh pihak Satuan Pendidikan melalui https://mtn-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ mulai tanggal 22 sampai dengan 28 April 2021.


Untuk melihat dan men-download panduan lengkap registrasi KSN 2021 Anda bisa mengakses laman website https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/


Panduan Portal Registrasi

Alur registrasi Satuan Pendidikan

  1. Melakukan registrasi akun
  2. Melakukan login menggunakan email dan nomor pokok masing-masing
  3. Mengunduh panduan registrasi lomba
  4. Melihat seluruh detail informasi lomba
  5. Mendaftarkan peserta ke lomba
  6. Mengelola data peserta
  7. Peserta didik Mendapatkan akun

Tahapan Proses Registrasi

1. Registraai akun satuan pendidikan

Halaman ini berfungsi sebagai akses untuk satuan pendidikan yang belum memiliki akun agar mendaftarkan satuan pendidikannya dengan memasukkan email, jenis satuan pendidikan (Sekolah, Madrasah, Universitas), serta nomor pokok berupa NPSN, NSM, Kode PT. Jika nomor pokok tidak ditemukan di data pokok, maka satuan pendidikan harus mengecek / mengurus masalah tersebut di Pusat Data Pokok masing-masing.


2. Me-review & Melengkapi Form Registrasi Akun

Apabila nomor pokok satuan pendidikan sesuai  dengan data yang tersedia di data pokok (Dapodik, Emis, PD Dikti), maka proses registrasi akan lanjut pada halaman Form Registrasi Akun. Satuan pendidikan diharuskan untuk mengecek data yang ditampilkan dari API dan melengkapi data sebagai syarat untuk registrasi akun.


3. Notifikasi Registrasi Satuan Pendidikan

Halaman ini akan tampil ketika proses registrasi yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan telah berhasil. Selanjutnya, Satuan Pendidikan diarahkan agar mengecek email untuk keperluan aktivasi akun.


4. Login Satuan Pendidikan

Halaman ini berfungsi sebagai akses satuan pendidikan untuk melakukan login dengan memasukkan Email dan Kata Sandi.


5. Dasboard Satuan Pendidikan

Pada halaman ini terdapat file panduan registrasi yang bisa diunduh, profil satuan pendidikan, serta daftar lomba terdekat yang ada pada setiap jenjang pendidikan.


6. Detail Lomba

Pada halaman ini terdapat detail deskripsi ajang, kriteria peserta lomba dan peraturan lomba. Juga dilengkapi oleh button untuk mendaftarkan peserta didik ke perlombaan.


7. Halaman List Peserta Didik

Halaman ini digunakan untuk menampilkan data para peserta didik di satuan pendidikannya yang telah terdaftar untuk mengikuti perlombaan. Terdapat button untuk menambahkan peserta baru.


8. Identitas Peserta Didik

Saat akan menambahkan peserta didik baru, proses pertama yang dilakukan yaitu adalah mengisi Identitas identitas peserta berupa email dan NISN/NISM/NIM.


9. Notifikasi Jika NISN Tidak Ditemukan

Apabila nomor induk peserta mengalami masalah, maka harus ditindaklanjuti terlebih dahulu dengan mengurus di pusat data pokok masing-masing jenjang pendidikan agar bisa melanjutkan ke proses pendaftaran selanjutnya.


10. Formulir Registrasi Peserta Didik

Jika nomor induk peserta telah terverifikasi, maka secara otomatis akan menampilkan 
formulir pertama yang meliputi foto peserta, data peserta dan data prestasi. Pada halaman inilah, satuan pendidikan melakukan  review data yang diambil dari API, dan melengkapi data lainnya yang telah disediakan.


Selanjutnya terdapat formulir kedua yang harus di-review dan dilengkapi yaitu berupa data orang tua, Kartu Indonesia Pintar, data pembina/pelatih, dan data pendukung. Setelah semuanya telah terisi dengan benar, satuan pendidikan dapat langsung tekan button “daftar”.


11. List Peserta Didik Lomba (Individu)

Saat proses registrasi peserta didik telah berhasil, maka peserta tersebut akan tercantum pada daftar data peserta didik yang dilengkapi oleh aksi lihat dan hapus.


12. Review Data Peserta Lomba

Data peserta lomba yang telah terdaftar dapat di-review ulang dan tersedia fitur untuk memperbaiki data apabila terdapat kesalahan dalam penginputan.


Link alternatif panduan registrasi KSN 2021

Registrasi peserta KSN-K jenjang SMA_Disdik dan Kanwil Kemenag Unduh

Registrasi peserta KSNK_Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Unduh

Panduan Registrasi KSN-K 2021 Unduh

Click to comment