-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Melihat Hasil Nilai Quiz Google Form Yang Terhapus
author photo
By On
Cara Melihat Hasil Nilai Quiz Google Form Yang Terhapus
Moda penilaian (PTS, US, UKK, UH, dan yang lainnya) yang di laksanakan di sekolah sudah berbasis online maupun semi online. Pilihannya ada banyak, sekolah bisa memakai aplikasi Computerized Based Test (CBT) mapun aplikasi penilaian online yang serupa seperti misalnya aplikasi kuis google form.


Umumnya dalam pelaksanaan penilaian ulangan harian maupun uji kempotensi, guru lebih memilih aplikasi google form sebagai moda penilain online karena lebih mudah dalam pengoperasiannya. Selain itu, hasil penilaiannya pun bisa langsung diketahui dan di unduh dalam file google spreadsheed.


Masalahnya timbul ketika Anda kehilangan hasil nilai dari penilaian kuis google form tersebut. Entah dengan sengaja atau tidak sengaja Anda telah menghapusnya. Sehingga ketika Anda ingin melihat pada menu respon hasil di ringkasan spreadsheednya tidak ditemukan.


Hal ini akan membuat ulang pekerjaan Anda yakni memulai pemeriksaan jawaban dari peserta satu persatu, bayangkan jika siswa Anda lebih dari 50 orang maka akan menyita waktu. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi namun apalah daya karena ini sebuah kesalahan.


Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah kehilangan hasil dari nilai quiz tersebut maupun harus mamulai ulang pekerjaan Anda. Sebagai kabar baiknya, inilah langkah yang harus Anda lakukan ketika Anda mengalami masalah tersebut di atas.

Pertama
Coba periksa file sampah di google drive Anda. File sampah ini masih di simpan selama 30 hari jika lebih dari 30 hari maka akan terhapus secara otomatis.


Setelah ketemu, silahkan pulihkan file tersebut. Namun jika file tersebut sudah rusak setelah Anda memulihkan. Atau Anda tidak menemukan file yang Anda cari, coba cara yang kedua.


Kedua
Sebenarnya cara ini bisa langsung Anda lakukan tanpa mencoba cara yang pertama. Silahkan buka file quiz google form, pada menu respon lihat ikon titik tiga sebelah ikon spreadsheed silahkan Anda klik dan download tanggapan. File ini dalam format zip. Sekarang Anda bisa melihat nilainya disana.


Sebagai tipnya agar Anda bisa mengontrol hasil penilaian dari quiz google form maka hubungkan melalui handphone Anda. Saya yakin di handphone Anda sudah terinstall aplikasi google drive dan aplikasi google spreadsheed.


Langkahnya setelah Anda membuat quiz google form selanjutnya pilih menu respon kemudian klik ikon spreadsheed ikuti perintah selanjutnya dan secara otomatis file spreadsheed ini akan tersimpan di drive Anda.


Karena sudah terhubung dengan Handphone Anda saat ingin melihat nilai Anda bisa membukanya melalui ikon google spreadsheed di handphone tanpa harus masuk ke google drive maupun aplikasi quiz google form.


Semoga berhasil.

Click to comment