-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Meskipun Ujian Nasional (UN) sudah ditiadakan namun kita masih menghadapi Ujian Satuan Pendidikan (USP) karena USP termasuk salah satu indikator nilai kelulusan maka dibutuhkan strategi tersendiri untuk mengahadapinya di masa pendemi ini.

Unduh Kisi-Kisi USP EHB-BKS 2021

Mempelajari semua materi yang akan diujian tentu bukanlah hal yang mudah. Maka, ada beberapa trik yang dapat diterapkan, seperti membuat ringkasan, membuat jadwal belajar yang teratur, atau bimbel secara daring.


#Cobalah pahami kisi-kisinya

Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berisi ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.


Membaca seluruh materi di semua buku yang pernah dipelajari di sekolah tentunya tidak efektif. Sebaiknya, pahamilah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) atau kisi-kisi untuk memudahkan proses belajar dan mengetahui materi apa saja yang harus dipelajari.


Silahkan download kisi-kisi USP EHB-BKS 2021 SMA Jatim

Kisi-kisi mapel wajib A

Kisi-kisi mapel wajib B

Kisi-kisi mapel Peminatan MIPA

Kisi-kisi mapel Peminatan IPS

Kisi-kisi mapel Peminatan Bahasa dan Budaya

Kisi-kisi mapel Pendidikan Agama ( Islam, Hindu, Budha)


#Jangan segan mengikuti try out

Ujian Satuan Pendidikan (USP) juga sudah menerapkan sistem pengerjaan Ujian Berbasis Komputer dan Smartphone (UBKS). Untuk berlatih sebelum menghadapinya, Anda bisa mengikuti try out yang serupa dengan mengerjakan UTBK yang sebenarnya. Selain itu, dengan mengikuti try out Anda juga bisa mengukur kemampuanmu dan mendapatkan pembahasan mendalam mengenai setiap soal yang diujikan.


#Gunakan waktu ujian dengan baik

Soal yang ada dalam Ujian harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas. Kadang, hal ini membuat beberapa peserta takut dan gugup saat menghadapinya. Hal ini dapat diatasi dengan manajemen waktu yang baik, seperti membagi maksimal 3 menit untuk mengerjakan tiap soal. Jangan lupa untuk mengerjakan soal mudah terlebih dahulu dan mengecek kembali semua jawaban sebelum menutup aplikasi.


Semangat belajar semoga berhasil.

Click to comment