-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Panduan penetapan siswa Eligible yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. PASTIKAN batas waktu pengisian penetapan siswa Eligible agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik, waktu yang disediakan.

PDSS: Cara Finalisasi Data Sekolah Siswa Eligible

Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan Penetapan Siswa Eligible:

  1. Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.
  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari LTMPT, pastikan anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.
  4. Finalisasi data sekolah dan jurusan anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.
  5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu-satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari portal LTMPT. Selain itu, anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan import data.
  6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.

Panduan lebih detil silahkan download disini.


Halaman finalisasi digunakan sebagai pernyataan bahwa data yang ada pada profil sekolah, jurusan, dan siswa adalah data yang benar dan anda setujui. Finalisasi dibagi menjadi dua menu, yaitu Finalisasi Data Sekolah dan Finalisasi Data Siswa. Perlu diingat bahwa, Anda tidak dapat merubah data lagi jika sudah melakukan finalisasi.


Finalisasi Data Sekolah digunakan sebelum Anda mengisikan data Siswa. Hal yang difinalisasi adalah informasi Data Sekolah dan Jurusan. Pastikan Anda melakukan finalisasi Data Sekolah hanya jika anda sudah yakin bahwa kedua informasi yang disebutkan sebelumnya sudah tepat karena setelah Anda melakukan finalisasi maka informasi pada Data Sekolah dan Jurusan tidak dapat berubah lagi.


Halaman Profil Sekolah yang berisikan informasi sekolah dan kepala sekolah. Kedua data ini diambil dari data yang ada pada LTMPT dan sifatnya tidak dapat diubah. Jika terdapat kesalahan, sekolah dimohon melakukan verifikasi validasi satuan pendidikan dan peserta didik melalui laman: http://vervalsp.data.kemendikbud.go.id.


Jika Anda telah melakukan perbaharuan data pada situs yang disebutkan di atas, silahkan pilih “PERBARUI DATA DARI LTMPT”. Lakukan finalisasi data jika data profil sekolah dan kepala sekolah sudah benar. Setelah itu Anda bisa menambahkan siswa Eligible untuk perangkingan.

Click to comment