-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Aplikasi dan ekstensi Chromebook untuk pembelajaran interaktif yang berkaitan dengan evaluasi dibawah ini bisa kita manfaatkan untuk pengaya tambahan pengatur waktu dan cek keaslian teks pekerjaan yang ada di Google Suite- Market place. 3 diantaranya adalah:

3 Aplikasi Pengatur Waktu Quiz Google Form : Form Limiter, Plagium, Quilgo

1. Form Limiter

Extensi ini digunakan untuk menghentikan Google Form menerima respons dengan setelan maksimal jumlah respon, tanggal dan waktu, atau setelah sel pada spreadsheet sama dengan nilai tertentu. Hanya terbatas untuk akun G Suite.


Cara mengatur waktu yang perlu dilakukan adalah menambahkan add-on (pengaya) di Google Form, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka Google form klik tiga titik bertumpuk kemudian pilihlah Add-on

Dikolom pencarian search “formLimiter” dan biasanya munncul jadi yanng teratas

Kemudian instal dan ikuti langkahnya saja, sampai pengaitan serta perizinan ke akun Google Anda

Kemudian mengatur waktu form Limiter Google Form; Sesuaikan type waktu, setel tanggal dan jam Tutup soal, berikan pesan bahwa soal telah tertutup otomatis.

Selesai dan lanjut untuk membagikan form.


2. Plagium

Plagium berguna untuk membantu pengecekan keaslian sebuah teks dengan mendeteksi kemungkinan adanya plagiat (atau penggunaan kembali konten tertentu secara umum).


3. Quilgo

Quilgo memungkinkan pengguna untuk melakukan penghitungan waktu mundur, perekaman kamera, dan menghindari kecurangan selama ujian pada saat menggunakan Google Form.


Dengan demikian, formulir yang disematkan Add-on Quilgo dapat diakses kapan saja, tetapi durasi waktu saat mengisi formulir dibatasi sesuai timer yang kita setting.


Add-on Quilgo, tepat digunakan untuk formulir yang berisi soal tes bersifat kuis, karena setiap peserta tes disediakan waktu yang sama dalam menjawab pertanyaan. Masalah terkait dengan rentang waktu akses formulir dapat kita setting pada formulir tersebut, yang diperlukan responden hanyalah tautan (link) untuk mengakses formulir yang berisi soal tes tersebut.


Tutorial ini fokus pada langkah-langkah menyematkan Timer Quilgo  pada Google Formulir yang  sudah dibuat  dan berisi soal tes atau kuis  untuk siswa sebagai responden (peserta tes) dengan durasi waktu tertentu.


Langkah menyematkan Quilgo pada Google Formulir

1. Tambahkan Google add-on Quilgo pada formulir yang sudah dibuat.

Meng-install Add-on Quilgo, langkahnya:

Klik ikon (titik 3) di pojok kanan atas  formulir Anda 👉 klik  Add-on. Selanjutnya cari Quilgo di Google Suite-Marketplace 👉 Klik Quilgo 👉 Klik install (Ikuti proses instalasi ) 👉 pilih Akun Anda yang di gunakan saat membuat Formulir 👉 Klik Setuju.


2. Sign up ke Quilgo

Klik ikon Add-on 👉 Klik Quilgo, maka muncul kotak dialog. Klik Bantuan, selanjutnya tab baru pada browser terbuka dan menuju Dashboard Quilgo untuk proses Sign up (Mendaftar).

Isi formulir biodata Anda, Lengkapi nama depan dan belakang, pilih untuk keperluan pribadi (personal), alamat email, dan buat password yang memenuhi kriteria yang ditentukan Quilgo (untuk sewaktu-waktu login kembali ke Quilgo.). Setelah proses Sign up selesai, Anda akan mendapatkan Token 👉 Copy Token tersebut.


3. Impor Formulir ke Quilgo

Langkahnya kembali buka formulir Anda (klik tab browser yang memuat Google formulir)

Klik ikon Add-on 👉 Klik Quilgo, maka muncul kotak dialog 👉 Klik Configure, maka  di sebelah kanan  formulir, muncul kotak dialog Quilgo 👉 Paste Token (Ctrl+V) yang sudah di salin tadi pada tabulasi yang disediakan 👉 Klik Enable Quilgo for this form 👉 maka tampak akun email anda telah terhubung ke Web Quilgo dan proses impor formulir anda sudah selesai.


4. Mendapatkan Link dan Setting Timer

Klik tab Browser Dashboard Quilgo Anda, maka tampak Judul formulir anda yang sudah diimport.

Jika klik + Create tests, maka setiap responden (peserta tes) akan dikirim link formulir (soal tes) masing-masing melalui alamat email, dan ini merepotkan meskipun tanpa pembatasan responden.


Klik Public form link, maka terbuka kotak dialog :

Klik Open self registration 

Konsekuensinya: setiap peserta tes (responden) harus registrasi ke Quilgo dengan akun emailnya sebelum dapat membuka formulir (Open Form).

Tautan publik ini, quotanya hanya untuk  100 peserta tes (responden), dan setiap saat 1 pengunjung teregistrasi, maka 1 quota berkurang.

Klik Edit default settings, maka kita dapat mengatur durasi Timer (waktu akses formulir).

Jika Centang Auto-close form when time over, maka formulir secara Otomatis jawaban responden tidak akan terkirim jika waktu telah habis.

Untuk merekam centang ennable camera tracking

Jika Centang Allow to view quiz score and and result after submission, maka responden dapat melihat perolehan score setelah dikirimkan, tetapi pengaturan ini dapat kita setting pada formulir.

Klik Save 👉 Klik Copy Link


Catatan:

Pada formulir, Quilgo akan menambahkan ID field pada Formulir, untuk menyimpan(record) data waktu saat jawaban formulir dari responden (peserta tes) dikirimkan.

(Beri tahu saja agar: kode ID Field  jangan dihapus oleh peserta tes! abaikan saja).

Quilgo menonaktifkan setting formulir pembatasan tanggapan (respons), maksudnya jika Setting umum Formulir kita centang Batasi ke 1 tanggapan, maka setelah formulir diimport settingan kembali ke default tanpa pembatasan.

Jika kita melakukan perubahan Setting formulir 👉  klik sync form setting


Click to comment