-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Terdeteksi bahwa pengaturan database telah dimodifikasi secara ilegal. Aplikasi tidak dapat dibuka. Mohon install ulang aplikasi untuk dapat menggunakan Dapodik kembali.

Dapodik 2021 Dimodifikasi Secara Ilegal

Jadi sebelumnya saya tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dilarang oleh pengembang Dapodik. Kasus ini terjadi ketika saya mencoba untuk mengakses aplikasi e-rapor, karena loadingnya sangat lama maka saya tutup aplikasi erapornya.


Setelah itu saya buka aplikasi Dapodik, untuk saat ini versi 2021.b dan tampilannya sudah berubah tidak bisa diakses karena terdeteksi telah dimodifikasi. Kasus ini juga bisa menimpa Anda dan juga bisa berbeda penyebabnya.


Mungkin ada beberapa crash yang terjadi antara 3 aplikasi yakni Dapodik, erapor, dan eds pmp. Namun hal ini hanya sebagai asumsi saja karena saya belum bisa membuktikan.


Solusinya bagaimana? bisakah tanpa harus melakukan install ulang?

Anda mungkin bisa mengganti alamat localhost Dapodik dengan IP komputer/laptop Anda, namun untuk Dapodik versi 2021 belum berhasil dengan cara tersebut. Anda juga bisa melakukan retore backup dapodik namu terkadang justeru menjadi rusak.


Jadi, jalan yang paling aman adalah unsintall dan install ulang Dapodik. Asalkan sebelumnya Anda pernah melakukan sinkronisasi maka data tetap aman karena tersimpan di prefill dapodik. Sebaliknya jika Anda melakukan perubahan data dan belum melakukan sinkronisasi maka data yang terakhir dirubah akan hilang.

Click to comment