-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Tahukah Anda? Rich Communication Services (RCS) untuk Android sekarang bisa dimanfaatkan di Indonesia. Jadi mengirim pesan lewat aplikasi SMS di Android pun bisa seperti menggunakan aplikasi WhatsApp.


Sebagai informasi, RCS merupakan teknologi pengiriman pesan generasi terbaru. Koneksinya berbeda dari SMS, RCS menggunakan layanan data. Jadi Anda bisa menggunakan kuota internet atau WiFi saat menggunakannya.



Menariknya lagi, Anda bisa mengirimkan pesan yang panjang. Tidak seperti SMS yang hanya dibatasi 160 karakter saja, teknologi RCS mendukung hingga 8.000 karakter, sungguh wow khan!.



Tidak hanya itu saja, layaknya aplikasi WhatsApp, Anda bisa mengirimkan foto, video, kontak, lokasi, sticker, GIF dan bahkan file berukuran besar sekalipun. Setiap pesan bisa ditanggapi dengan emotion layaknya iMessages di iOS.



Jadi tidak perlu khawatir pesan tidak terbaca karena Anda akan menerima notifikasi kalau pesannya sudah terkirim atau terbaca. Selain itu, Anda dapat pula membuat grup yang berisikan sampai 100 orang.



Serunya lagi, Google sudah mengintegrasikannya dengan asisten digitalnya. Jadi Anda tidak perlu buka browser lagi untuk mencari sesuatu, tinggal minta bantuan Google Assistant dan dikirimkan langsung ke pesan.



RCS juga sudah mendukung soal keamanan jadi Anda tenang saja. Google melakukan enkripsi end-to-end layanan pesannya ini.



Berikut caranya menggunakan RCS?


1. Pilih aplikasi Messages bawaan Android (berwarna biru). Bila belum terinstal, download terlebih dulu di Play Store.


2. Seketika akan ada notifikasi untuk mengubah layanan pesan menjadi lebih baik, tekan Agree


3. Dari sini Anda sudah bisa mengirimkan pesan layakanya di WhatsApp



Bagi Anda yang sudah terlanjur menggunakan aplikasi SMS bawaan pembuat ponsel tinggal ubah defaultnya saja. Caranya:


- Buka Settings

- Tekan App & Notification

- Default Apps

- SMS

- Ubah ke pilihan Messages


Tertarik? Selamat mencoba!



Click to comment