-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Saat melakukan verval kita diminta untuk mengunggah berkas sebagai bukti lampiran data yang di verval. Namun kendalanya file yang kita unggah biasanya terlalu besar dari ukuran maksimal yang sudah ditetapkan oleh server sehingga gagal melakukan upload data.


Ukuran file yang di scan secara default biasanya diatas 1MB lebih besar dan jika melakukan pengaturan kompresi biasanya hasilnya akan terlihat buram. Anda bisa saja melakukan kompresi secara online misalnya untuk gambar (JPG, JPEG, PNG) di laman https://tinyjpg.com/ namun jika ukurannya juga terlalu besar maka juga gagal di kompresi.


Untuk format pdf dengan ukuran yang terlalu besar Anda juga bisa menggunakan tool kompresi secara online (ada banyak pilihannya diluar sana) namun terkadang juga dibatasi.


Khusus untuk format JPG, JPEG, PNG Anda bisa lakukan resize secara offline dengan menggunakan aplikasi Paint. Hasilnya pun cukup bagus karena tidak merubah resolusi gambar hanya memperkecil ukuran gambarnya saja.


Namun hal ini juga tergantung kualitas awal gambar, ketika gambar dengan resolusi tinggi, kemudian diperkecil ukurannya. Maka kualitas gambarnya akan dapat menjadi semakin baik atau berkualitas. Sementara jika gambar dengan resolusi rendah, kemudian diperbesar ukurannya, maka gambar semakin blur.

Cara Kecilkan Ukuran JPG dengan Paint

Aplikasi Paint bawaan Windows ini bisa kita manfaatkan. Berikut caranya:

  1. Pilih foto atau gambar yang akan kita resize ukurannya
  2. Klik kanan pada foto atau gambar pilih open with paint
  3. Jika sudah terbuka aplikasi paint nya. Klik pada menu Resize
  4. Pada kotak dialog Resize and Skew pilih Persentage. Rubah ukuran pada kolom horizontal. Biarkan tercentang untuk maintain aspect ratio nya.
  5. Anda bisa mengulang beberapa kali untuk merubah ukuran pada kolom horizontal sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.
  6. Save

Jika Anda melakukan konversi dari format JPG ke format pdf sebaiknya lakukan kompresi ukuran gambar terlebih dulu sehingga ketika menjadi format pdf maka ukuran file nya kecil.

Click to comment