-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Cara mengatasi registrasi peserta didik baru non Dapodik yang tidak masuk di aplikasi dapodik sekolah meskipun sudah melakukan sinkronisasi dan sudah di approval oleh operator Dinas. Mungkin Anda mengalami kasus seperti ini.


Setelah melakukan entri data peserta didik baru yang diluar dapodik (belum pernah terdaftar di dapodik) dan oleh OP Dinas sudah di approve maka mestinya setelah melakukan sinkronisasi data PD Baru tersebut sudah masuk ke localhost Dapodik.


Anehnya meskipun sudah melakukan sinkronisasi berkali-kali namun kenyataannya data PD baru tersebut tidak kunjung juga masuk. Ketika Anda mau melakukan entri data baru untuk siswa bersangkutan melalui laman sp.datadik.kemdikbud.go.id maka akan muncul keterangan pserta didik yang sama sudah terdaftar antrian peserta didik baru.


Masalahnya mungkin Bugs yang harus segera dibenahi. Kenapa? ketika melakukan konfirmasi ke OP Dinas, mereka mengatakan bahwa siswa tersebut sudah di approve dan sudah tidak ada di data list PD Dinas.


Nah, bagaimana melacak data peserta didik tersebut?. Dulu kita bisa melihat di laman manajemen dapodik yang lama (data.dikdasmen.kemdikbud.go.id) namun laman ini sudah sekarat. Sementara melacak data peserta didik tersebut di laman manajemen yang baru (sp.datadik.kemdikbud.go.id) namun nyatanya kita tidak akan menemukan di menu data siswa terdaftar. Lagi-lagi inilah Bugs yang harus dibenahi.


Harusnya siswa tersebut masuk di menu siswa terdaftar sehingga kita tahu status siswa tersebut (ditolak atau diterima) serta kita tahu letak kesalahan yang harus dilakukan perbaikan lagi.


Satu-satunya jalan maka harus dilakukan entri peserta didik melalui aplikasi Dapodik Dinas. Itu pun sebelumnya OP Dinas harus memastikan bahwa peserta didik tersebut sudah dilakukan pembersihan terlebih dahulu.


Sinkronisasi harus dilakukan dua arah, yakni sekolah melakukan sinkronisasi setelah OP Dinas selesai melakukan entri data. Setelah itu OP Dinas akan melakukan sinkronisasi untuk tarik data. Setelah itu pihak OPS melakukan sinkronisasi untuk menarik data masuk ke localhost dapodik.


Setelah sinkronisasi lihat pada tabel apakah ada data peserta didik yang masuk, jika belum biasanya ini akan memakan waktu 2x24 jam atau 7 hari masa kerja kemudian lakukan sinkronisasi lagi untuk menarik data.


Jika Anda menemui masalah tersebut diatas silahkan kordinasi dengan dinas stempat. Semoga berhasil.

3 komentar

avatar

Salam kenal, Pak. Kunjungan perdana. Keren blognya.

avatar

salam kenal juga. terimakasih atas supportnya.....

avatar

Makasih admin...sangat membantu

Click to comment