Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Rutinitas awal semester di tahun ajaran baru pada aplikasi dapodik yang menjadi prioritas pengerjaan adalah data peserta didik. Karena data peserta didik ini yang nantinya akan dijadikan acuan untuk penyaluran dana BOS anggaran 2021. Oleh karenanya Kemdikbud memberikan batas cutoff per 30 Agustus 2020.
Cara Tambah PD baru di Dapodik 2021
Mengingat hal tersebut, jadi sebenarnya OPS tidak perlu sibuk mengurus aktivasi akun PTK terlebih dahulu karena akun PTK sudah diserahkan ke masing-masing usernamenya. Yang perlu menjadi perhatian adalah data peserta didik terutama peserta didik baru.

Sekolah yang tidak mengintegrasikan PPDB dengan aplikasi dapodik maka untuk menambahkan peserta didik baru pendaftaran peserta didik ke sekolah, baik yang bersumber dari dapodik sekolah lain ataupun diluar dapodik (belum pernah terdaftar di dapodik). Maka harus dilakukan tarik data PD atau tambah manual PD.

Dulu aktifitas tambah PD baru atau tarik PD baru melalui laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id namun untuk sekarang Tambah PD baru di Dapodik 2021 sudah berpindah alamat di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ langkahnya masih sama seperti tahun kemarin.

👉Pastikan bahwa alamat ini yang Anda akses https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ 
👉Silahkan login dengan akun Dapodik
👉Pada Menu "Aplikasi" Silahkan pilih menu "PD Baru"
👉Ada dua pilihan " Dapodik" (Registrasi Peserta Didik) dan "Non Dapodik" (Input Peserta Didik)
👉Setelah selesai lakukan Sinkronisasi/tarik data

Setelah data Peserta Didik baru berhasil masuk jangan lupa lakukan perlengkapan untuk data periodiknya dan lakukan maping pada rombel tujuan. Selamat bekerja semooga berhasil.

Banyak yang mengeluhkan setelah melakukan tarik PD baru maupun tambah PD baru secara manual ternyata masih belum berhasil masuk data PD baru tersebut ke apllikasi dapodik meskipun sudah melakukan sinkronisasi. Diantaranya ada yang berhasil namun hanya sebagian PD yang sudah masuk.

Masalah tersebut terjadi karena over load beban server. Tidak ada jalan pintas untuk mengatasi masalah tersebut kecuali menunggu server normal kembali.

Click to comment