-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Aplikasi Dapodik versi 2021 sudah resmi dirilis untuk semester 1 tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan database versi baru yang dirilis dalam bentuk installer (tidak ada versi updater). Untuk itu secara teknis diharuskan melakukan uninstall Aplikasi Dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu. Silahkan baca Panduan Aplikasi Dapodik versi 2021 agar tidak gagal instalasinya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah batas cutoff melakukan pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Seperti yang dijelaskan dalam lamannya bahwa pemutakhiran data dilakukan paling lambat pada Senin, 31 Agustus 2020 (Penarikan data untuk program BOS) dan pada Rabu, 30 September 2020 (Penarikan data untuk program BOP) dengan tetap menjaga kualitas data.

Nah, setiap Dapodik lahir dengan versi barunya selalu membawa cerita lama yang diulang menjadi baru 😁😁😁. Entah itu yang belum berhasil instalasinya, belum juga bisa registrasi secara online maupun offline, bahkan untuk download data prefillnya saja selalu hang up, time out, bad request. Intinya ya tetap sabar saja meskipun nantinya harus dikejar deadline.

Jika saat Anda melakukan instalasi Aplikasi Dapodik 2021 mengalami masalah seperti gambar dibawah ini. Aplikasi sudah pernah terinstal gunakan updater. Apa penyebabnya?
Aplikasi sudah pernah terinstal gunakan updater.
Masalah ini disebabkan karena saat melakukan uninstall Dapodik yang lama tidak benar-benar bersih, masih ada beberapa folder yang tidak terhapus dan ini biasanya di uninstall melalui sistem program bawaan. Sebaiknya gunakan aplikasi your uninstaller, Ccleanner atau yang lainnya.

Jadi, solusinya Anda harus buka local disk (C:) cari folder Dapodik dan hapus semua beserta filenya. Anda juga bisa menggunakan cara seperti ini : ⇒ Tekan tombol Win + R ⇒ Ketik regedit dan Enter ⇒ Setelah terbuka aplikasi Registry Editor, tekan tombol Ctrl + F ⇒ Ketik ditjendikdasmen ⇒ Jika sudah diketemukan tinggal hapus tekan tombol DEL.

Jika Anda menemui masalah seperti ini. This site can't be reached setelah membuka aplikasi dapodik 2021. Penyebabnya adalah DapodikWebSrv belum running.
This site can't be reached setelah membuka aplikasi dapodik 2021.
Jadi, pastikan services DapodikWebSrv aktif. Solusinya silahkan buka browser lalu tekan tombol ctrl+shift+del lanjut ceklist semua dan Clear data. Jika sudah dilakukan tutup browser, lanjut buka Dapodik.

Punya masalah yang lain dengan Aplikasi Dapodik 2021 silahkan komentar.

31 komentar

avatar

tambah akun kepala sekolah. tapi nama kepala sekolah tidak ada di PTK adanya di admin (dulunya admin dan kepsek rangkap) itu bagaimana?

avatar

Jika bermasalah pd dapodiknya, Kepala sekolah sebaiknya jangan di admin. Untuk admin bisa diganti dengan username yg lain. Kordinasikan dg dinas.

Jika tidak bermasalah hajar saja 😆😆😆

avatar

Bagi sekolah yang kepala sekolahnya belum memiliki akun, akan otomatis
diberikan peringatan ketika melakukan login ke Aplikasi Dapodik. Peringatan
ini diberikan karena akan berpengaruh terhadap proses tarik
data/sinkronisasi. Perbaikan tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi
manajemen sekolah (http://sp.datadik.kemdikbud.go.id).

avatar

Bgmkah solusinya bila gagal login k managemen dg ket. Username n password tdk cocok, padahal sdh d cek klo dapodiknya benar2 pakai user n pasword tsb, mohon pemecahannya

avatar

Biasanya hanya salah karakter penulisannya baik untuk username maupun password.

Urlnya mungkin salah misalnya https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ hanya untuk ops. Jika login menggunakan akun ptk maka tertolak. Sebaliknya jika menggunakan url ini https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ login menggunakan akun OPS maka tertolak.

Jadi patikan urlnya benar dan karakter penulisan username dan passwordnya tepat.

avatar

Saya sudah instalasi dan sudah berhasil semua tapi ketika masuk ke aplikasinya kok kosong atau kluwer kluwer terus ya itu masalahnya apa?

avatar

Clear cachednya pak. Jika masih seperti keong minta ganti laptop yang baru spesifikasinya sepertu dalam juknis dapokemdikbud.😀

avatar

ketika hampir selsai instal muncul perigatan "the program can't start because api-ms-win-crt-rutime-I1-1-0.dll is missing from your computer. try reinstalling the program to fix this problem". sudah coba download lagi sampai 5x tapi ketika instal tetap begitu. mohon solusi

avatar

Install runtime nya. browser saja banyak sesuaikan dengan versi windowsnya. Setelah itu install dapodiknya

avatar

Tidak muncul tombol sinkronisasi di akun KS. Adanya tarik data.
solusi?

avatar

Kebanyakan dimasalah sarpras pak meskipun sarprasnya sdh valid. Sudah ada dipostingan tarik data dan sinkronisasi

avatar

Alamat sekolah di dapodik kosong, saya sdh perbaiki di verval.sp..tp s.d sekarang perbaikan belum masuk dapodik. Jd saya belum bisa mengejakan dapodik karena alamat sekolah yng kosong menyebabkan data pengisian tidak bisa disimpan jd invalid. Bagaimana solusinya padahl paling lambat 31 agustus 2020 ?

avatar

Invalidnya dibagian data rinci sekolah atau data lainnya yanng tidak berhubungan dengan data identitas sekolah? misalnya ruang kelas...dll

pada aplikasi dapodik versi 2021 invalid tetap memengaruhi sinkronisasi, namun bukan berarti tidak bisa mendapatkan update dari pusat ke aplikasi dapodik lokal. Jadi lakukan tarik data.

avatar

saya gagal registrasi terus mas, dstunya selalu "password salah" mohon gunakan pasword terbaru, padahal paswornya masih sama. gmna solusinya ya mas?

avatar

Coba lihat disini https://www.ibadjournals.com/2019/08/solusi-setelah-ganti-password-dapodik.html

avatar

Saya sudah mengikuti langkah² diatas tapi tetep aja gak bisa di install jadi bagaimana solusinya?

avatar

Antivirus windows defendernya apa sdh dimatikan?
Jika ada antivirus yang lainnya juga dimatikan dulu saat instalasi

avatar

Gimana masukin siswa mutasi asal mi tapi nisn nya tidak ada. Apa bisa manual dari dapodik 2021

avatar

kalo pas di install muncul cant start correctly solusinya bagaimana ya?

avatar

Bisa dengan cara tambah pd diluar dapodik.

avatar

Biasanya Versi windows dengan aplikasinya tidak sesuai.

Install
Net. Framework
Microsoft VC ++

Install dapo run as administrator

avatar

ada keterangan pengguna tidak aktif/pengguna tidak terdaftar ketika registrasi online, padahal dengan email tersebut bisa masuk ke sp.datadik

avatar

Biasanya masalah cachednya saja coba diclear saja dulu (Clearnya harus benar-benar bersih) kemudian register lagi.

avatar

kalau maslahnya pas dapodik sudah di download pas di bukak the app ypu're trying to install isn't a microsoft - verified app gimana ya

avatar

- Change my app recommendation settings
- At "Installing apps" select "Turn OFF app recommendations" now is called "Anywhere"

avatar

Sy mengalami muncul "this site can't be reached" setelah ctrl shift del mau sy buka dapodiknya tp di control panel hilang. Bagaimana solusinya (WA 085740556970)

avatar

Bisa dibuatkan shortcutnya melalui desktop.

avatar

Izin bertanya, dibagian beranda yang kepala sekolah masih tanda merah (kepsek/PLT belum dipilih) itu bagaimana cara mengatasinya? Sekian terimakasih

avatar

Beri tugas tambahan pada PTK Bersangkutan. Pilih plt/kepala sekolah. Masukan nomor sk, kosongkan tst nya.

avatar

kalo tampilan nama akun dan tulisan hijau "akun terverifikasi msh muncul di dapodik 2021.a itu apa y yg kurang... padahal harusnya tulisan hijau akun terverifikasi hilang kan y... mohon penjelasan

avatar

Gak usah panik biarkan saja, dapodiknya masih bingung 😁

Click to comment