-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Dapodik 2021 Cleansing Akun PTK! Ada 5 Kategori
author photo
By On
Aplikasi Dapodik (Dapodikdasmen) versi 2021 akan melakukan penataan akun dan peran (role) pengguna terutama pada akun PTK.  Ada 5 kategori yang akan terkena imbas cleansing data tersebut yaitu PTK yang mempunyai akun ganda, akun ptk dengan email ganda, email bodong (invalid), akun PTK tanpa pengguna, PTK terhapus.
Dapodik 2021 Cleansing Akun PTK! Ada 5 Kategori
Yang menjadi latar belakang penataan akun ini adalah untuk penertiban akun guru yang disinyalir atau terdetekasi ganda, invalid email, email duplikasi, akun tanpa role. Lebih lanjut dikatakan bahwa Dapodik versi baru 2021 akan memberikan akses login penngguna untuk guru, jika hal ini tidak ditertibkan maka guru tidak bisa melakukan set datanya.

Guru (PTK) diberikan akses login untuk melakukan set datanya sendiri karena guru yang bersangkutan lebih mengetahui datanya. Jika guru mampu melakukan seting data sejak awal dengan benar maka  harapannya tidak diketemukan data yang invalid dikemudian hari.

Penting untuk difahami bahwa penertiban akun dapodik ini akan membawa imbas secara langsung kepada akun PTK yakni dengan penonaktifan akun. Jadi sudah dapat dipastikan bahwa nanti yang terkena imbas cleasing ini adalah PTK yang mempunyai email ganda, invalid email (email bodong), multi peran, pengguna tanpa role.

Langkah pertama yang melakukan oleh Tim Dapodik dalam penataan akun dan peran adalah dengan melakukan verifikasi email. Karena Dapodik versi 2021 memberikan akses role pada PTK maka email yang valid dan masih aktif sangat dibutuhkan.

Pada tampilan dapodik yang baru guru ketika melakukan login akan terblok sementara untuk melakukan verifikasi email. Jika email yang digunakan invalid dan tidak aktif maka guru tidak akan bisa login karena akunnya belum terverifikasi.

Jika masih diberikan waktu untuk sinkronisasi maka segeralah lakukan perbaikan data terutama pada data alamat surel (email). Jika masih menggunakan email yang tidak aktif atau salah segera ganti dan perbarui dengan email yang aktif.

Berikut video Penataan akun dan peran pada aplikasi dapodik versi 2021
Semoga bermanfaat.

16 komentar

avatar

Bagaimana cara mengatasi akun ganda?

avatar

Akun ganda apabila sudah terverifikasi maka tidak bisa dihapus salah satunya..
Maka anda hanya bisa lakukan update pasword yg sama pada kedua akun di sp.datadik

Setelah itu masuk ke ptk.datadik pilih satu akun dan usahakan jangan gonta ganti

Akun yg terverifikasi akan muncul nama sekolah

avatar

Gmn memperivikasi akun ptt rangkp mnjdi OPS?

avatar

izin bertanya min..bagaimana cara mengatasi akun yg sudah terverifikasi namun lupa kata sandinya..?

avatar

Resetnya melalui OPS jika tidak bisa maka melalui OP Dinas.

avatar

Mohon Petunjuk. Ada PTK (yayasan) sdh terhapus dari Dapodik karena sdh diNonaktfkan dan tidak Verifikasi Akun per 31 Okt 2020. Pada saat ditambahkan, terkonfirmasi No NIK sdh terdata. Bagaimana solusi dan ke mana saya harus berurusan? K

avatar

Mestinya ptk tdk perlu dihapus cukup dinonaktifkan saja.

Yg bisa melihat tekam jejaknya adalah admin dinas, silahkan kordinasikan

avatar

bagaimana jika PTK mengajar di dua sekolah ?? tetapi yang diverifikasi akunnya adalah di sekolah yang bukan sekolah induknya ?? sehingga di sekolah induknya akun PTK tersebut hilang dari daftar akun.

avatar

Di daftarkan lagi di induk melalui manajenen sp. Dengan cara tambah akun ptk baru

avatar

Bagaimana Mengaktifkan kembali Akun GTK Yang terkena Cleansing.sedangkan didata dapodik hilang semua.apakah harus daftar dari awal lagi/pengajuan baru lagi
?

avatar

Buat akun baru di sp datadik. Kemudian tarik data melalui dapodik.

Jika masih terkendala silahkan hubungi OP Dinas

avatar

Assalamuallaikum min, saya mengajar di dua sekolah, saat mau login keskolah non induk (swasta) yang mubcul langsung data disekolah induk ( negeri) apakah itu bermasalah min ? Soalnya saya lebih lama mengajar di non induk ( swasta ). Makasih

avatar

Maksudnya login di manajemen data ptk? Atau aplikasi dapodik?

Sebaiknya buka dan gunakan aplikasi di induk saja. Untuk non induk sementara biarkan tdk digunakan. Untuk pengaturan SK dan pemenuhan JJM bisa melalui akun operator dg tukar pengguna

avatar

bagaimana cara mengatasi gagal log in di PTK Datadik, sedangkan pada aplikasi dapodik PTK tersebut sudah terdata? sudah update password berkali-kali namun hasil teta nihil

avatar

Jika PTK memiliki 2 sekolah maka ketika login pilih sekolah yang induk.

Jika hanya satu sekolah, setelah update password (kombinasi pasword mengandung huruf kapital, karakter dan angka) lakukan tarik data dan kemudian sinkronisaai.

Biasanya email yg di dapodik berbeda dengan yang di laman sp.datadik maka gunakan email yg di sp.datadik untuk login ke laman ptk datadik.

Click to comment