Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Validasi data diperlukan apabila terjadi kesalahan maupun terdapat perubahan-perubahan data untuk memenuhi standar kualitas data. Setelah melakukan sinkronisasi Dapodik selanjutnya kita akan melihat beberapa perubahan yang sudah kita buat, baik di info gtk, verval pd maupun laman yang berkaitan dengan aplikasi Dapodik.
Kenapa Data Sinkronisasi Dapodik Tidak Berubah
Biasanya perubahan data terbaru ini bisa kita lihat setelah 2×24 jam atau paling lama 7 hari masa kerja, namun sekarang tidak seperti itu, perubahan sinkronisasi data bisa lebih lama dari yang kita perkirakan sebelumnya.

Lantas bagaimana cara memastikan bahwa data yang sudah kita sinkron terdapat perubahan?

Sekecil apapun data yang kita lakukan perubahan melalui aplikasi Dapodik maka akan terkirim ke database pusat dengan catatan bahwa hasil sinkronisasinya sukses. Jadi silahkan lihat dan pastikan bahwa tabel hasil sinkronisasi tidak ada file yang gagal terupload setelah sinkronisasi.

Selanjutnya lihat juga perubahan data sinkronisasi pada laman manajemen data dikdasmen. Perubahan disini biasanya membutuhkan waktu 2×24 jam. Jika disana Anda melihat adanya perubahan data pada setiap data individu yang mengalamai perubahan maka artinya data sudah berubah.

Nah, yang menjadi pertanyaan dan risaunya para OPS adalah kenapa data di info gtk tidak berubah setelah melakukan sinkronisasi bahkan sampai beberapa minggu. Anda bisa memperhatikan tanggal penarikan data di beranda info gtk. Pusat akan melakukan generate data ke laman info gtk minimalnya setiap 14 hari masa kerja (Jika merujuk pada tanggal generate), silahkan lihat di progres penarikan data Dapodik pada laman info gtk.

Biasanya tanda yang muncul jika Info GTK sedang melakukan validasi dan verifikasi data maka laman info gtk akan mengalami maintenance. Anda juga bisa melihat tanggal perubahan sinkronisasi pada lembar GTK.

Setiap laman yang terkait dengan aplikasi Dapodikdasmen memiliki opsi yang berbeda dalam melakukan penarikan datanya.

Jadi data sinkronisasi Dapodik pasti berubah jika Anda melakukan perubahan hanya tinggal menunggu waktu generate data pusat saja. Sebaliknya jika data tidak berubah maka Anda belum melakukan perubahan data dan sinkronisasi.

Sementara untuk guru sertifikasi yang sudah keluar SKTP nya yang paling banyak adalah dari guru PNS sedangkan untuk guru swasta masih menunggu proses generate SKTP. Alhamdulillah pertanggal 8 mei 2020 SKTP guru swasta sudah diterbitkan, giliran  selajutnya tinggal menunggu guru yang jamnnya masih dalam verifikasi.

Click to comment