Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Digitalisasi merupakan salah satu dampak langsung dari kemajuan teknologi yang tak dapat dihindari. Mau tidak mau kita sebagai guru harus melek digital agar kita tidak terkatung-katung pada akhirnya. Sementara pendidikan memaksa kita untuk menggunakan metode digital pembeajaran jarak jauh atau daring.

Tentu saja bagi sekolah yang sudah menerapkan aplikasi e-learning maupun aplikasi penilaian secara online tidak membuat masalah bagi gurunya karena fasilitasnya sudah tersdia dengan baik. Namun bagi sekolah yang belum mendukung itu, tentu kita sebagai guru harus kreatif menemukan solusinya.

Anda bisa membuat Google Classroom, atau Google Form Quiz. Google Forms kita pakai karena lebih mudah dan sederhana dalam pengoperasiannya. Sebenarnya Google Forms adalah aplikasi online yang diperuntukan mengumpulkan feedback dalam sebuah survey online.

Namun kita bisa memanfaatkan Google Forms tidak hanya sekedar berfungsi sebagai tools survey online, tetapi juga dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk kepentingan Ujian Online atau Computer Based Test (CBT).

Untuk memanfaatkan Google Form Quiz sebagai keperluan CBT ini, google forms juga dilengkapi dengan banyak fiture termasuk add-ons untuk memaksimalkan fungsi ujian online, salah satu fitur tersebut adalah forms validation yang dapat dimanfaatkan untuk membuat Password/Token saat siswa akan mengerjakan ujian / test.
Cara Membuat Token/Password Di Google Form Quiz

Berikut Langkah Membuat Token/Password Di Google Form Quiz

2. Memulai formulir baru (untuk membuat quiz baru)
3. Pada pilihan dropdown (di nomor 1) Anda bisa memilih jawaban singkat
4. Aktifkan tombol wajib diisi
5. Klik ikon titik tiga disamping tombol wajib diisi, kemudian pilih Validasi respons (lihat 2)
6. (Padan nomor 3) kita pilih teks, pilih berisi, tuliskan token

Untuk menampilkan teks kesalahan khusus apabila token yang dimasukan salah maka pada isian teks kesalahan khusus harus diisikan.

Click to comment