Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Ada beberapa pilihan aplikasi E-learning yang bisa dipakai untuk melakanakan kegiatan daring belajar dirumah baik yang versi berbayar maupun gratis. Seperti misalnya aplikasi Kelas Maya yang disediakan gratis oleh Kemdikbud. Aplikasi Ruang Guru, aplikasi e-learning Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso  juga bisa diakses dengan versi gratis namun untuk full fiturnya Anda harus menjadi premium member.
Daring Pakai ClassRoom Sederhana dan Mudah
Selain aplikasi diatas, Anda juga bisa memakai aplikasi Google ClassRoom sebagai alternatifnya. Google Classroom membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif dan bermakna dengan menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi, dan membina komunikasi.

Dengan Classroom, Anda dapat membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat. Classroom juga terintegrasi secara lancar dengan fitur Google lainnya seperti Google Dokumen, Drive Google Form Quiz.

Cara login ke Classroom

Membuat classroom setidaknya Anda sudah memiliki email (Gmail) yang aktif. Jenis akun pengguna yang dimaksud disini bukan dengan akun G Suite for Education tetapi menggunakan Akun Google Pribadi. Untuk login https://classroom.google.com/ Anda harus memiliki koneksi internet yang aktif.

Login untuk pertama kali di Komputer

  1. Buka classroom.google.com, lalu klik Buka Classroom.
  2. Masukkan nama pengguna Anda, lalu klik Berikutnya.
  3. Masukkan sandi Anda, lalu klik Berikutnya.
  4. Jika ada pesan selamat datang, baca pesan tersebut, lalu klik Terima.
  5. Klik Mulai. (Tombol Plus)
Pilih peran Anda
Pengajar (Lihat Membuat kelas).
Siswa (Lihat Bergabung ke kelas).

Login untuk pertama kali di Android

Untuk mempelajari lebih lanjut cara mendownload aplikasi Classroom dari Google Play. Sebagai pengajar atau siswa, Anda dapat menginstal aplikasi Classroom di perangkat seluler Android, Apple® iPhone dan iPad, atau Chrome OS. Aplikasi Classroom tidak tersedia untuk perangkat seluler Windows®. Setelah mendownload aplikasi Classroom, Anda dapat login dan mulai menggunakannya. 

Untuk menggunakan semua fitur Classroom di perangkat seluler, instal Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide. Jika menggunakan komputer, Anda tidak perlu menginstal apa pun. Buka jendela browser dan login ke Classroom. Langkahnya sama seperti diatas.

Cara Menghilangkan minta akses ketika di Google Classroom
Pilih kelas bersangkutan
Tekan ikon gerigi
Kode kelas pilih nonaktifkan

Unduh Media Belajar Dirumah Untuk SD, SMP, SMA

Kita dapat melihat banyak sekali sumber belajar. Selain dari guru atau instruktur, kita juga telah belajar dari bahan atau material seperti misalnya buku, radio, majalah, film bingkai, video dengan atau tanpa bantuan alat-alat seperti proyektor dan pesawat radio/video.

Paling sering didengar sebagai bagian dari bahan ajar adalah Modul. Modul adalah Bahan Ajar yang dipersiapkan untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Bahan dan alat yang kita kenal dengan istilah software dan hardware tidak lain adalah media pendidikan. Media Pembelajaran atau Media Belajar yaitu sesuatu yang menjadi medium atau perantara untuk menyampaikan pesan, atau mengkomunikasikan sesuatu. Banyak media yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran misalnya salah satunya adalah video.

Sumber belajar adalah seseorang atau sesuatu yang menjadi penyebab terjadinya proses pembelajaran. Sekarang ini sumber belajar bukan hanya guru, tetapi juga konten di internet, buku, dan sebagainya.

Media Belajar untuk SD, SMP, SMA ini bisa Anda unduh dan manfaatkan untuk belajar dirumah. Isi dari file ini adalah buku digital untuk guru dan siswa pada semua jenjang dengan semua mata pelajaran serta video pembahasan mulai dari kelas 4,5,6,7,8,9,10. 

Click to comment