-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Berangkat dari pertanyaan bagaimana cara menghapus data peserta didik di verval PD? menghapus data peserta didik  tidak bisa dilakukan melalui laman verval PD. Aplikasi Verval PD ini hanya digunakan untuk verifikasi dan validasi data peserta didik yang masih terdeteksi invalid.
Menghapus Data Peserta Didik di Verval PD
Aplikasi verval PD ini terintegrasi dangan aplikasi lainnya yakni; aplikasi NISN, dasboard pengelolaan peserta didik (data residu), integrasi Dapodik dengan Dukcapil (persandingan kebenaran data NIK) yang asal muaranya adalah aplikasi Dapodik.

Karena semua pokok pendataannya di aplikasi dapodik maka untuk menghapus data peserta didik juga melalui aplikasi dapodik. Berikut ini langkahnya:

  1. Buka aplikasi Dapodik
  2. Pada menu Peserta Didik pilih PD bersangkutan yang akan dikeluarkan
  3. Tekan tombol registrasi. Isi data alasan keluarnya
  4. Simpan dan tutup
Lakukan sinkronisasi dapodik Anda untuk memperbarui data. Selanjutnya Anda juga harus mengeluarkan siswa tersebut di manajemen dapodik yakni aplikasi data dikdasmen. LAngkahnya sebagai berikut:
  1. Buka https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  2. Buka menu Peserta Didik
  3. Pilih peserta didik bersangkutan
  4. Buka PD Detail (Biodata)
  5. Pada menu Registrasi tekan tombol Keluarkan
  6. Konfirmasi selesai.

Langkah yang tepat adalah bukan dengan cara menghapus data peserta didik tetapi dengan cara melakukan Verval PD Untuk Data Invalid. Hal ini kita lakukan apabila peserta didik tersebut masih aktif.

Ada beberapa tahapan untuk memastikan kualitas data peserta didik valid. Dan sebelumnya sudah saya share di artikel ini 4 Tahap Kontrol Kualitas Data Peserta Didik. Sebaiknya tidak dihapus tetapi lakukan

Click to comment