-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Problem Dapodik 2020.b Apakah Bug?
author photo
By On
Ternyata meskipun setelah rilis aplikasi Dapodikdasmen dengan versi Dapodik 2020.b masih juga terdapat masalah bagi sebagian sekolah setelah melakukan patching. Ujung-ujungnya mesti kita akan mengatakan masih adanya Bug pada versi yang terbaru ini. Jika sudah mengalami hal yang semacam ini maka yang disalahkan aplikasinya 😁😁😁.

Kita sudah maklum bahwa aplikasi Dapodik setiap saat akan selalu melakukan pembaruan dan perbaikan fitur-fiturnya. Disamping itu kita sudah lama bercengkrama dengan aplikasi Dapodik ini mestinya kita sudah punya gambaran bagaimana cara perlakuannya dari tahun-tahun yang lalu.

Kebanyakan problem yang dialami ini biasanya disebabkan hal yang sepeleh lupa melakukan sinkronisasi untuk yang terakhir kali sebelum update ke versi terbarunya. Saya pernah menyinggungnya sedikit disini bagaimana cara melakukan instalasi Dapodik agar tidak terjadi masalah saat pemutakhiran data.

Langkah-langkah untuk melakukan pembaruan sebenarnya sudah jelas bagi sekolah yang telah menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.a, 2020.a Patch 1 maupun 2020.a Patch 2 berbeda dengan sekolah yang melakukan instalasi ulang atau install baru.

Poin yang penting adalah sinkronisasi terakhir kalinya karena hal inilah yang akan mempengaruhi perubahan data artinya data-data yang sebelumnya di semester 1 (ganjil) belum dilakukan penguncian di semester 2 (genap) ini sudah harus fix. Sisi lain juga barangkali ada perubahan data yanng belum sempat dilakukan sinkronisasi.

Hal inilah yang kemudian Anda melakukan patch atau install dapodik versi baru kemudian muncul masalah.
Problem Dapodik 2020.b
Apakah Dapodik yang jam mengajarnya tidak diisi oleh operator dapat berpengaruh pada tunjangan terpencil? Ya, tetap harus diisikan lebih jelanya silahkan baca juknis penyaluran Tunjangan Profesi diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 19 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil.

Cara membuka data anak di Dapodik Lewat HP? Untuk membukanya silahkan pastikan bahwa sekolah sudah mengonlinkan sistem dapodik. Mintalah alamat akses ke sekolah Anda. Gunakan username dan password yang diberikan oleh sekolah.

Apa yang terjadi jika data periodik Siswa di Dapodik tidak diisi? Data periodik siswa wajib diisi terutama yang bertanda bintang. Jika tidak diisikan secara lengkap maka akan terjadi invalid dan tidak bisa sinkronisasi. Jika sudah diisi namun data kuranng valid maka akan dilakukan verval data.

Bagaimana sinkron Dapodik kalau ada guru PNS yang belum memiliki nuptk? Tetap bisa dilakukan karena statusnya masih warning. Namun tetap harus dilakukan proses pengajuan NUPTK.

Apa ketentuan dalam pembuatan kelas teori lintas minat pada Dapodik 2020b? Ketentuannya sama halnya membuat kelas reguler.

Apakah guru baru lulusan SMA bisa dimasukkan ke Dapodik? Bisa. Caranya mengajukan ke OP Dinas dengan membawa berkas pendukung seperti form PTK, SK pengangkatan guru, SKBM sekolah.

Bagaimana cara mengganti nama Yayasan di Dapodik? Pada menu sekolah di data rinci sekolah pilih menu yayasan lalu isikan datanya. Jika pondok pesantren pilih menu penyelenggara pondok pesantren.

Bagaimana jika ruang pada jadwal di Dapodik hilang tidak muncul? Anda sebelumnya harus mengisi pembelajaran di menu rombel reguler dan teori.

Apakah predikat sekolah berpengaruh dengan data di Dapodik? Tidak karena aplikasi dapodik hanya dikhususkan untuk pendataan.

Bagaimana cara mengubah status kepegawaian dari honorer menjadi CPNS di Dapodik 2020b? Di bagian menu GTK sub menu Guru silahkan edit data PTK bersangkutan. Jika pengeditan data sudah dikunci maka silahkan lakukan perubahan melalui OP Dinas.

Apakah jika mengurus surat Dapodik melalui sekolah,orang tua murid dikenakan biaya? Tidak ada pungutan biaya apapun, kecuali sekolah memiliki kebijakan sendiri.

Mengapa saat sinkron pada dapodik versi 2020 B muncul Pengguna tidak aktif? Pastikan bawah karakter username dan password yang Anda masukkan sudah benar.

Akun Dapodik tidak bisa buka? Pastikan browser yang anda pakai sudah termutakhirkan. Clear history data, tutup aplikasi dan buka kembali. Lihat di taks manager apakah services DapodikDB dan DapodikWebSrv running, jika tidak silahkan restart dengan cara klik kanan pada DapodikDB dan DapodikWebSrv nya.

Bagi mana cara mengeluarkan hanya satu siswa yang belum sempat di keluarkan dari Data Dapodik? Pilih peserta didik berasangkutan lalu keluarkan pada menu registrasi. Lakukan sinkronisasi.

Saya tidak bisa login Dapodik setelah di cari di database access Dapodik akunnya berubah jadi aneh bagaimana mengatasi masalah tersebut terima kasih? pastikan bahwa data-data tersebut tidak terkena virus. lakukan instalasi dan registrasi ulang.

Cara Minta Dapodik untuk pindah sekolah induk? tarik data mutasi guru melalui laman data.dikdasmen.kemdikbud.go.id. setelah itu lakukan pemutasian guru melalui menu penugasan di sekolah induk. konfirmasikan dengan OP Dinas.

Apakah berpengaruh saat instal EDS offline dengan versi Dapodik 2020.b Terbaru? Tidak karena sudah terintegrasi keduanya.

Kaitan antara pemetaan mutu dan data Dapodik 2020.b? PMP dan Dapodik sudah terintegrasi datanya maka jika Dapodiknya belum beres untuk PMP tidak bisa dilakukan penyesuaian data.

Cara mengembalikan data alat yang sudah dihapus dari Dapodik 2020.b? Data alat yang sudah dihapus akan hilang maka tidak bisa dikembalikan keccuali data tersebut dibuat tidak berfungsi.

Apa harus mengganti password baru saat instal Dapodik patch 2020.b? Tidak.

Gimana cara mengembalikan data dapodik versi 2020.b yang terlanjur uninstal? Install dan registrasi ulang.

Click to comment