Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Aplikasi Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (IPPKS) dan Penilaian Kinerja Guru (PKG) versi 2018 untuk melengkapi kebutuhan sekolah dalam pengisian EDS PMP 2019. Jadi sebenarnya aplikasi ini yang tepat adalah hak pengawas untuk menilai kepala sekolah dan guru.
Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dan Guru
Hasil dari penilaian kinerja ini yang nantinya juga oleh pengawas akan diupload ke akun EDS supervisi pengawas sebagai bukti telah melakukan kunjungan dan supevisi ke sekolah binaannya. Anda bisa melihat di artikel cara Login EDS PMP Pengawas Untuk Verval Rapor Mutu.

Selaian untuk Kepala Sekolah aplikasi penilaian kinerja ini juga bisa dipakai oleh guru untuk memudahkan para guru dalam proses penilaian kinerjanya. Berikut isinya:
  • Penilaian Oleh Guru Teman Sejawat
  • Penilaian Oleh Peserta Didik
  • Penilaian Oleh Orang Tua
Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ini dibuat oleh Bapak Sumardi, MM pengawas sekolah Kota Malang yang sudah disesuaikan dengan JAFUNG PERMENDIKNAS  NO. 35 TH. 2010 sehingga Anda juga bisa menggunakannya.

Sebelum menggunakan aplikasi tersebut sebaiknya pelajari terlebih dahulu fitur dan cara penggunaannya agar tidak terjadi kesalahan.

Fitur Aplikasi dan Cara Penggunaan Aplikasi IPPKS dan PKG

A. membuka aplikasi
Microsofft telah mengembangkan aplikasi microsoft office excel dari berbagai generasi dari Microsoft office 97-2003 hingga generasi terbarunya saat ini. Sehingga dimungkinkan banyak pengguna yang berbeda-beda. Pada umumnya microsoft office yang lebih tua tidak dapat  dapat membuka microsoft office generasi yang lebih muda. Oleh Karena itu, aplikasi penilaian kinerja pengawas sekolah disimpan dengan menggunakan microsoft office  yang tertua yakni microsoft office 97-2003 agar dapat dibuka oleh semua pengguna.

Jika pada saat membuka aplikasi penilian kinerja pengawas sekolah tidak dapat diisi, maka dibagian atas akan muncul peringatan seperti pada gambar 1 di bawah ini. Untuk menjalankan aplikasi ini silahkan klik tombol “Enable Editing”.

B. Halaman Utama
Menu utama aplikasi penilaian kinerja guru adalah halaman yang memuat semua tombol untuk membuka semua halaman yang ada di aplikasi. Untuk membuka halaman yang ada di apalikasi silahkan klik pada tombol yang tersedia seperti tombol ini ✅

C. Halaman dalam Aplikasi
1. Petunjuk Penggunaan : Halaman ini berisi petunjuk penggunaan aplikasi PKG
2. Ketentuan Responden : Halaman ini memuat penilai dan jumlah responden yang akan digunakan dalam PKG sesuai jenjang masing-masing.
3. Proporsi Penilaian ; Halaman ini memuat ketentuan proporsi penilaian dalam PKG sesuai jenjang masing-masing.
4. Indeks Kinerja Guru : Halaman ini memuat Rancangan Indeks Kinerja guru (masih dalam proses)
5. Data Guru dan Penilai : Sebelum melakukan penilaian kinerja guru, penilai wajib mengisi identitas guru yang dinilai, identitas penilai, identitas lembaga dan data kepala sekolah. Ketentuan pengisian identitas ada pada setiap sel
6. Data Kehadiran : Data kehadiran yang perlu diinput dalam aplikasi adalah:
  • Waktu datang terlambat dalam satu bulan (dihitung dalam menit)
  • Waktu pulang lebih cepat dalam satu bulan (dihitung dalam menit)
  • Jumlah tidak hadir tanpa keterangan (dihitung setiap bulan)
  • Satu hari dihitung 7,5 jam /450 menit (sesuai pp 53 tahun 2010)
  • Jumlah maksimum tidak hadir tanpa keterangan 46 hari (sangsi diberhentikan ASN)
  • Persentase tidak hadir dihitung dengan cara = (Jumlah tidak hadit/46) x 100%
  • Persentase kehadiran = 100% - persentase ketidak hadiran 
7. Penilaain Oleh Teman Sejawat : Semua guru dari semua jenjang dinilai oleh guru teman sejawat dengan menggunakan instrumen masing-masing. Aplikasi ini digunakan untuk menghimpun hasil penilaian kinerja oleh teman sejawat.  Jumlah teman sejawat yang ditugaskan untuk menilai sesuai ketentuan responden.
8. Penilaian Oleh Peserta Didik : Semua guru kecuali guru TK dan guru SD kelas I-III semua jenjang dinilai oleh peserta didik dengan menggunakan instrumen masing-masing. Aplikasi ini digunakan untuk menghimpun hasil penilaian kinerja oleh peserta didik.  Jumlah peserta didik yang ditugaskan untuk menilai sesuai ketentuan responden.
Bagi guru pendidikan khusus (khusus tuna daksa, rungu, netra mulai kelas tinggi) dinilai peserta didik.
9. Penilaian  Oleh Orang Tua : Semua guru dari semua jenjang dinilai oleh orang tua peserta didik dengan menggunakan instrumen masing-masing. Aplikasi ini digunakan untuk menghimpun hasil penilaian kinerja guru oleh orang tua peserta didik.  Jumlah teman sejawat yang ditugaskan untuk menilai sesuai ketentuan responden.
10. Oleh DU/DI (Khusus Produktif) : Semua guru SMK Produktif dinilai oleh DU/DI dengan menggunakan instrumen yang tersedia. Aplikasi ini digunakan untuk menghimpun hasil penilaian kinerja guru produktif oleh DU/DI minimal satu orang maksimal 3 orang.
11.  Nilai PK Guru : Nilai PK Guru semua jenjang dihitung secara otomatis oleh sistem dalam aplikasi ini.
12.  Nilai PK Kepala Sekolah : Nilai PK Kepala Sekolah semua jenjang dihitung secara otomatis oleh sistem dalam aplikasi ini.

Silahkan download Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dan Guru disini jika Anda membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Click to comment