-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Donwload Modul Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) UN 2019
author photo
By On
Walaupun UN tidak lagi sebagai penentu kelulusan, UN tidak kehilangan peran strategisnya yaitu (1) sebagai pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan; (2) sebagai bahan pertimbangan dalam pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu; (3) sebagai bahan pertimbangan dalam melanjutkan pendidikan.
Donwload Modul Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) UN 2019
Atas dasar tuntutan penilaian terhadap ketercapaian kebutuhan kompetensi inilah, soal-soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills, HOTS) dimasukkan dalam soal Ujian Nasional (UN).

Berdasarkan hasil UN SMA tahun 2019, Direktorat Pembinaan SMA memprogramkan Bimbingan Teknis Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) kepada guru dari SMA dengan hasil UN kategori kurang atau nilai mata pelajaran yang diujikan di bawah 55.

Mata pelajaran yang menjadi sasaran Bimtek Pembinaan Pasca EHB meliputi: 1) Bahasa Indonesia, 2) Bahasa Inggris, 3) Matematika, 4) Fisika, 5) Kimia, 6) Biologi, 7) Ekonomi, 8) Geografi, 9) Sosiologi, dan 10) Antropologi. Oleh karena itu, agar bimtek ini berjalan dengan lancar maka disusun lah modul Pasca EHB sebagai pedoman kegiatan bimtek untuk semua mata pelajaran.

Materi dalam modul ini difokuskan pada materi-materi yang memiliki daya serap rendah dan yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi. Materi tersebut disusun sesuai kebutuhan evaluasi pasca EHB yang meliputi: (1) Unit 1, Analisis Materi-Materi Daya Serap Rendah; (2) Unit 2, Soal-soal UN Daya Serap Rendah dan Pembahasannya; (3) Unit 3, Strategi Pembelajaran dalam Berpikir Tingkat Tinggi. Secara umum setiap modul berisi uraian singkat materi, fokus unit, penugasan, dan refleksi.

Modul ini disusun untuk digunakan sebagai salah satu pedoman dalam kegiatan Bimtek Pembinaan Pasca EHB. Di samping itu modul ini diharapkan dapat digunakan juga oleh guru-guru lain yang tidak berkesempatan untuk mengikuti Bimtek.

Download file Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) UN 2019 SMA

1) Bahasa Indonesia,
2) Bahasa Inggris,
3) Matematika,
4) Fisika,
5) Kimia,
6) Biologi,
7) Ekonomi,
8) Geografi,
9) Sosiologi,
10) Antropologi

Click to comment