-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Download Pembahasan Soal UTBK 2019 TPS, TKA, Saintek, Soshum Semua MAPEL
author photo
By On
Anda yang ingin malanjutkan belajar ke perguaruan tinggi sebagai bagian dari syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
Download Pembahasan Soal UTBK 2019 TPS, TKA, Saintek, Soshum Semua MAPEL
Agar lulus dalam melaksanakan UTBK 2020 tentu segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik sejak awal mungkin. Persiapan-persiapan tersebut seperti halnya mengikuti Try Out Online UTBK 2020 atau mengerjakan latihan-latihan Soal UTBK 2020 secara mandiri.

Seperti yang Anda ketahui UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok sebagai berikut:
  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi);
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi);
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.
Kabar baiknya, sebagai bahan latihan soal dan try out mandiri, salah satu sumber belajar yang tepat sebagai rujukan soal UTBK 2020 adalah mempelajari soal UTBK 2019. Oleh karena itu, saya memberikan rekomendasi alternatif link Download Pembahasan Soal UTBK 2019 untuk semua mata pelajaran, Saintek dan Soshum seperti Kimia Fisika Biologi Matematika Geografi Ekonomi Sosiologi Sejarah Bahasa Indonesia Bahasa Inggris TPS dll.

Berikut paket soal UTBK dan pembahasan yang disediakan:
Soal Asli UTBK 2019 Sosiologi dan Pembahasan
Soal Asli UTBK 2019 Sejarah dan Pembahasan
Soal Asli UTBK 2019 Geografi dan Pembahasan
Soal Asli UTBK 2019 Ekonomi dan Pembahasan
Soal Asli UTBK 2019 Fisika dan Pembahasan
Soal Asli UTBK 2019 Kimia dan Pembahasan
Soal Asli UTBK 2019 Biologi dan Pembahasan
Soal Asli UTBK 2019 Bahasa Inggris dan Pembahasan
Soal Asli UTBK 2019 Bahasa Indonesia dan Pembahasan

Untuk mendapatkan soal-soal UTBK 2019 sekaligus pembahasannya silahkan cek disini

Click to comment