-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Masih banyak yang mengalami blank setelah melakukan instalasi patch PMP pada versi 2019.11.21. Jika Anda sudah mencoba dengan berbagai macam cara namun belum berhasil. Cara dibawah ini mungkin bisa dicoba sebagai alternatif untuk mengatasi masalah EDS PMP Blank tersebut tanpa harus melakukan back up dan restore data PMP yang sudah pernah dikerjakan.
Alternatif Mengatasi EDS PMP Blank
Sebelumnya kita tidak perlu melakukan uninstall aplikasi EDS PMP yang sudah terinstall, cukup dengan menimpah ulang aplikasi EDS dengan versi installer finalnya.

Cara ini sudah saya coba dan berhasil bahkan untuk loading konversi jawaban kuesionernya berjalan dengan normal. Berikut langkah sederhananya:

  1. Unduh INSTALLER EDS DIKDASMEN OFFLINE versi 2019.12.18 (80,3 MB) Final.
  2. Pada kolom pencarian APP Windows ketik srv Setelah muncul jendela baru klik pada "Services APP".
  3. Cari App (PMPDB dan PMPWebSrv) klik dan Stop the service keduanya.
  4. Install EDS Dikdasmen Offline versi 2019.12.18 Final sampai selesai, hilangkan centang readme txt dan shortcutnya dan tutup dulu.
  5. Buka browser (Ctrl + Shift + Del) hapus semua data penjelajahan dan tutup.
  6. Buka Aplikasi EDS Dikdasmen
Masalah tersebut berbeda dengan kuesioner EDS yang terjadi ganda sehingga Anda tidak bisa mengisi sampai progres 100 persen dan pastinya Anda terkendala pada perhitungan rapor mutu sekolah. Parahnya Anda tidak bisa melakukan verifikasi rapor mutu dan melakukan pakta integritas sekolah sebelum batas minimal responden terpenuhi.

Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kuesioner EDS ganda. Responden pernah mengisi EDS Online dan Offine dengan pengaturan aplikasi yang berbeda. Pernah melakukan instalasi aplikasi PMP yang salah tidak sesuai dengan petunjuk.

Jika hal ini terjadi pada responden guru dan siswa solusinya gampang cukup ganti dengan responden baru maka sudah bisa teratasi. Namun jika terjadi pada Kepala Sekolah, bagaimana cara menggantinya?.

Untuk mengatasi hal tersebut lakukan sinkronisasi terlebih dahulu, pastikan berhasil 100 persen setelah selesai lakukan log out dan clear semua data cached history nya, refresh dan log in kembali. Anda akan melihat perubahan kuesioner lakukan pengisisan ulang data yang masih merah. hitung rekap kemajuan Anda. 

Click to comment