-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Gagal dengan EDS PMP Daringnya kini Luring EDS PMP Dikdasmen Offline versi 2019.11 baru rilis. Nah, baru rilis saja nih sudah bikin susah operator, apalagi harus sampai dikejar target percepatan pengumpulan data EDS dengan batas waktu pengiriman data Pemetaan Mutu Pendidikan yaitu tanggal 1 Desember 2019. LPMP bercandanya bikin baper 😜😜😜.
Luring EDS PMP Dikdasmen Offline versi 2019.11 Dikejar Target 😜
Yang jelas dengan kebijakan apapun, yang menjadi korban keganasan EDS PMP pastilah operator. wkwkwkwk.......kepsek, guru, komite, pengawas mah cuma lewat.

Bayangkan, mau download prefill PMP 2019 saja susahnya minta ampun. Apalagi masih terdapat bug yang tidak pernah bisa teratasi selama ini. Belum lagi nanti ketika respondennya tidak bersedia mengisi kuesionernya, pasti nih ujungnya operator yang harus pasang badan menyelesaikan pekerjaan EDS tersebut.

Saya sedikit tergelitik dengan kalimat ini :
Dalam rangka percepatan pengumpulan data EDS di seluruh Indonesia, dengan semangat integrasi dan peningkatan kualitas data pokok pendidikan, Ditjen Dikdasmen telah merilis Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan tahun 2019 yang terdiri dari Aplikasi Web Portal PMP, EDS Dikdasmen Daring, Supervisi Mutu, dan Manajemen PMP. Aplikasi tersebut dapat diakses dengan metode dalam jaringan (daring). Melihat kondisi jangkauan internet yang masih beragam pada sekolah-sekolah di beberapa wilayah Indonesia, Ditjen Dikdasmen merilis Aplikasi PMP Offline atau yang sekarang disebut Evaluasi Diri Sekolah dengan metode luar jaringan (luring) atau Aplikasi EDS Dikdasmen Offline.
Kami menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang berpartisipasi aktif dalam pengembangan Aplikasi EDS Dikdasmen Offline mulai dari petugas LPMP, Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota, Fasilitator Nasional/Daerah, para pengawas, kepala sekolah, operator sekolah, dan Tim Pengembang Dapodik Ditjen Dikdasmen sehingga Aplikasi EDS Dikdasmen Offline versi 2019.11 dapat dirilis pada tanggal 11 November 2019. Batas Waktu pengiriman data Pemetaan Mutu Pendidikan yaitu tanggal 1 Desember 2019.
Andaikan himbauan itu di persiapkan dengan fasilitas infrastruktur yang sangat memadai mungkin sedikit akan membuat semangat ops dan responden tatkala mengakses berbagai aplikasi Web tersebut. Kenyataannya tidak semanis dilapangan.

Katanya belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tah nyatanya semakin tahun semakin ribet dan tidak ada perkembangan yang membanggakan meskipun dengan rilis aplikasi terbarunya. Bisa jadi modelnya hanya menutup target anggaran tahunan 😁😁😁.

OPS hanya bisa berharap semoga EDS PMP Dikdasmen baik luring maupun daring ditiadakan untuk tahun-tahun berikutnya karena tidak membawa dampak apapun terhadap sekolah.

Semangat OPS "Wis Kadung"

Ketentuan generate ulang prefill :

  • Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil data awal sekolah periode semester sebelumnya dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi dapodik secara offline
  • Isi prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah
  • Masukkan username, password yang lama dan koderegistrasi sesuai di aplikasi dapodik, Jika lupa username / password silakan hubungi admin Dinas untuk direset ulang.
  • Untuk sekolah baru, hubungi KKDATADIK dinas untuk mengaktivasikan username dan password
  • Saat registrasi di aplikasi, isikan username dan password sesuai saat unduh prefill
  • Proses Registrasi aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan file prefill, dengan syarat harus online/ terhubung internet
  • Dinas Kab/Kota/Prov dapat membantu men-generate prefill Sekolah di wilayahnya untuk sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  • Dilarang registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa (lama), jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang". (untuk mencegah duplikasi data)
  • Koderegistrasi, username dan password bersifat rahasia, dapat di-reset oleh Dinas jika diperlukan (terjadi pergantian operator) 

13 komentar

avatar

juosss mas..OPS adalah pahlawan tanpa tanda jasa masa kini

avatar

Setuju sekali Mas..ada kesan Aplikasi terlalu dipaksakan..perlu waktu dan pikiran untuk bisa sempurna, sedikit salah kode source pada aplikasi, jadi kita pengguna yang ribet. Mari kita ikuti dan jalani saja..mudah2an apa yang kita kerjakan jadi amal ibadah dan jadi kebaikan buat kita. Kesalahan pada pembuat aplikasi semoga diampuni Tuhan..(karena derita kita)..Amiinn

avatar

kita sih sepakat saja mas, paling tidak ya mungkin harus diperhatikan kapasitas servernya

avatar

Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
Kemenangan besar bisa di dapatkan...

Ikuti Festival Poker di Donaco Poker..
Dapatkan bonus-bonus menarik...
Cukup Deposit 10rb anda bisa dapatkan semuanya...

Hubungi Kami Secepatnya Di :

WHATSAPP : +6281333555662

avatar

Mas, minta tolong pencerahannya..
Saya tidak bisa login di offline nya, padahal udah selesai registrasi.
katanya username tidak terdaftar atau pasword salah, tapi saya coba di online nya dengan username dan psw yg sama berhasil login..
itu bagaimana solusinya?

avatar

cek di local Disck C:\Program Files\EDSDikdasmen\webserver\logs\access
file access buka tekan Ctrl+F ketik password tekan find next lalu catat

avatar

Password nya sudah sama dengan yg saya masukkan ketika login dan tetap tidak bisa login.

avatar

Untuk pertama kali harus login dengan akun operator. Coba di Clear cachednya dulu. Jika masih gagal di regitrsai ulang saja.

avatar

KOESIONER PMP OFFLINE ADAYANG TIDAK MUNCUL JAWABANNYA DI INTRUMEN B , SEHINGGA PENGERJAAN TIAK BISA 100% MOHON SOLUSINYA
????

avatar

memang semuanya rata-rata begitu pak/bu. kalau milik saya sih langsung sinkron saja tidak peduli 100% atau tidak.....
solusinya tunggu rilis patch nya saja

avatar

kalo saya user sbg guru hanya 1 org saja itu gmn ya cara ngatasinya?

avatar

tetap login dengan akun operator setelah berhasil tinggal tukar pengguna saja pak/bu

avatar

Sekedar Mengingatkan: Registrasi menggunakan Email: u_prefill_pmp Password: p4ssw0rd_pmp, Setelah selesai log in memakai akun dapodik

Click to comment