Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Sebagaimana sudah disampaikan sebelumnya bahwa  Kantor Kementerian Agama Kabupaten melalui Seksi Pendidikan Islam sudah menggunakan aplikasi SIAGA atau Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama. Aplikasi SIAGA atau Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan oleh Operator di Kementerian Agama tingkat Provinsi dan Kabupaten.
Emis PAI Siaga Pendis Akan Link Match Ke Dapodik???
Aplikasi SIAGA ini berisi laporan rekapitulasi Guru dan pengawas PAI yang diklasifikasikan dalam beberapa kategori diantaranya jenjang, status kepegawaian, sertifikasi, TPG, portofolio dan lainnya dan diberlakukan untuk proses pemberkasan sertifikasi guru PAI agar lebih efektif dan terintegrasi dengan pusat data EMIS.

Berdasarkan juknis Panduan Aplikasi Siaga Guru Pendais (PAI) Tahun 2019, pada Aplikasi SIAGA terdapat akun Login untuk operator Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kabupaten/Kota. Dan akun login guru PAI digunakan untuk guru yang digunakan untuk melakukan perubahan data portofolio, Jadwal dan Tugas, dan Administrasi dan lainnya.

Hasil penguatan data Emis PAI tahun 2019/2020 bahwasanya semua guru PAI datanya wajib masuk di pendataan Dapodik karena data Kemenag akan di integrasikan langsung ke data Dapodik. Aturan terbaru guru PAI wajib masuk dapodik untuk mengakomodir pencairan TPP guru PAI yang akan diambilkan melalui data Dapodik yang di integrasikan ke data Emis PAI dan siaga Pendis.

Kebijakan diatas masih dalam bentuk informasi yang disampaikan secara langsung dalam rapat penguatan data Emis PAI tahun 2019/2020 Kemenag Kabupaten. Namun belum ada surat edaran resmi mengenai integrasi data Dapodik dan data Emis PAI maupun Siaga Pendis untuk semester ini.

Sebelumnya operator sekolah juga harus mempunyai akun khusus login Emis PAI sekolah yang bisa diperoleh melalui kantor Kemenag Kab/Kota setempat. karena data Emis sekolah ini nantinya jjuga akan di link match dengan data Dapodik.

Meskipun dalam pandangan saya, integrasi data Emis PAI dan data Dapodik adalah sebuah keniscayaan namun sebagai antisipasi perubahan kebijakan tersebut nantinya, silahkan operator melakukan pembaharuan data guru PAI di aplikasi Dapodik.

Sebelum berasumsi terhadap baik dan buruknya integrasi data Dapodik ke data Emis PAI dan siaga Pendis kita tunggu saja informasi dan perkembangan selanjutnya.

Click to comment