Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Aplikasi EDS PMP Dikdasmen Offline versi 2019.11 ternyata semakin membuat ribut para operator sekolah, banyaknya kendala yang dirasakan OPS karena bug yang belum terselesaikan sampai sekarang ini. Selain itu minimnya helpdesk dari pengembang sendiri untuk memberikan solusi dari masalah tersebut hampir tidak pernah ada.
Bug EDS PMP 2019 Bikin Ribut 😁😁😁
Tidak tersedianya panduan penggunaan aplikasi EDS PMP 2019 juga menuntut Operator sekolah harus kreatif dan aktif untuk mencari beberapa sumber referensi diluar dalam memcahkan masalah tersebut. Alhasil dengan tekad buta dan mencoba-coba sebagian masih terjebak masalah tersebut.

Entah setan apa yang merasukimu 😁😁😁...................

Ini hanyalah capture perjalanan dari beberapa masalah yang ditimbulkan aplikasi EDS PMP 2019, mulai dari registrasi prefill yang alot sampai sekarang, username dan password tidak terdaftar ketika diakses di client, instrumen kuesioner yang tidak bisa 100%, terdapat instrumen ganda, selalu disconnected saat melakukan sinkronisasi dan lain sebagainya.

Masalah diatas sebenarnya tidak perlu terjadi jika para developernya sudah benar-benar menguji status kelayakannya dengan baik. Kita tidak ingin menghakimi karena pekerjaan tersebut tidaklah mudah. Namun paling tidak panduan aplikasinya ada dan juga tersedia helpdesknya sehingga kita dengan mudah mengikuti petunjuknya.

Kenapa hal ini menjadi ribut, karena masalah tersebut harus dipecahkan sendiri oleh para operator.

Masalah yang lebih serius lagi ketika para responden tidak mau tahu mengenai tanggung jawab pengisian kuesioner EDS tersebut. Meskipun tidak semua sekolah seperti yang saya maksud. Faktanya masih banyak para OPS yang mengambil jalan pintas menggunakan bantuan aplikasi faster EDS, aplikasi Smart EDS dan lain sebagainya untuk meringankan beban tugasnya.

Kendati demikian, apakah masalah tersebut benar-benar terselesaikan?

Anda ribut dengan Aplikasi EDS PMP 2019 karena Anda tanggung sendiri baik masalah eksternal maupun internal EDS sedangkan buat Anda jaminan untuk itu tidak ada. Jadi, sesuai dengan kapasitas kenapa tidak dikembalikan pada sekolah dan tangggung jawab responden sehingga tidak perlu pusing lagi dengan aplikasi EDS yang masih bermasalah. Dari sini semua pihak yang terkait akan merasakan bersama.

Jika sekolah tidak mau mengisi, ya tidak masalah karena bukan tanggung jawab OPS. Kapasitas Anda hanya menyiapkan fasilitas aplikasinya saja.

Satu hal lagi, jika EDS dianggap hanya sebagai rutinitas pelaporan setiap tahunnya tanpa feedback yang jelas terhadap sekolah maka tinggalkanlah karena hanya kesiaan belaka. Namun perlakuannya berbeda jika EDS dioptimalsasi dengan baik analisisnya maka sekolah wajib membuat tim penjaminan mutu sekolah.

Kenapa? sebenarnya yang bertanggung jawab adalah tim penjaminan mutu sekolah yang sudah di SK kan oleh sekolah yang sudah jelas dengan biaya anggarannya.

Bagaimana dengan posisi Anda, masih bingung dan ribut soal EDS PMP 2019?. Semangat OPS jangan mudah menyerah dengan kebijakan yang tidak pasti.

Click to comment