Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Info GTK V.2019.1.1 status validasi tunjangan perofesi semester ganjil periode Juli - Desember 2019 bikin baper Guru karena masalahnya lebih komplek dari Info GTK versi sebelumnya. Meskipun statusnya sudah dinyatakan valid karena ada tambahan keterangan perlu verifikasi dinas tetap jadi pertanyaan guru yang terlalu terbawa perasaan terhadap suatu masalah yang sepele dan dipikirkan terus menerus 😁😁😁.
Masalah Info GTK V.2019.1.1 Bikin Baper Guru 😁
Pertama yang perlu dipahami bagi guru adalah bahwa penarikan data Info GTK dari data Dapodik tidak real time. Anda bisa melihat tanggal sinkronisasi penarikan datanya jika berhasil login ke akun GTK Anda. Jika terjadi penarikan data selanjutnya tangggal sinkronisasi tersebut pasti berubah seiring dengan perubahan data GTK Anda.

Jadi guru tidak usah baper terlebih dulu 😏 karena bisa jadi saat ini Info GTK Anda dinyatakan valid namun dalam penarikan data yang selanjutnya dinyatakan belum valid atau bahkan sebaliknya dari yang pertama belum valid kemudian menjadi valid. Jadi semua data tersebut tergantung dari data Dapodik Anda apakah ada perubahan atau tetap.

Bagi guru yang memenuhi 24 JJM mapel murni maka sudah aman dan saya pastikan akan terealisasikan TPG nya. Sedangkan bagi guru yang memakai jam tugas tambahan biasanya agak terlambat validasinya.

Kedua, juga penting dipahami bagi guru bahwa tugas OPS hanya input data dan validasi bukan melakukan verifikasi dan mencairkan dana tunjangan. Kenapa? karena saya sering mendengar bahwa OPS sering ditanya guru, kapan SKTPnya?, kapan cairnya? 😱. Jadi, jika data belum valid maka kembali ke Anda sendiri bukan Operator.

Selain diatas, ini masalah Info GTK Versi.2019.1.1 saat ini yang kita alami bersama

1. Info GTK Versi.2019.1.1 Susah Diakses
Info GTK Versi.2019.1.1 meskipun tampilan tatap mukanya berubah namun saat Anda mengakses untuk login susahnya minta ampun pasalnya loadingnya sangan berat dan sering terjadi "Getway" Hal ini bisa terjadi kerana koneksi internet yang lambat atau bisa juga respon server tidak dapat memuat request yang diinginkan.

Server tidak dapat merespon dengan baik permintaan dari browser. Problem ini juga dapat dipengaruhi oleh berbagai gangguan pada penyedia layanan internet, pembagian serta penggunaan data akses yang tidak seimbang, kesalahan jaringan server di Internet,  tidak cukup PHP workers, HTTP timeouts maupun koneksi internet pada komputer yang Anda gunakan.

Solusi sementara bisa dilakukan dengan pembersihan cached dan reload dengan cara refresh halaman. Mengapa perlu di refresh? Karena biasanya server menerima banyak sekali permintaan pada waktu yang sama dan sangat tidak mungkin untuk mengelolanya sekaligus. Saat menunggu prosesnya, Anda bisa menggunakan tool online untuk mengecek apakah website memang down atau maintenece.

2. Info GTK Versi.2019.1.1 Data Tidak Ditemukan
Jika data tidak ditemukan, pastikan username dan passwordnya sudah benar. Bisa jadi terjadi perubahan pada akun Dapodik Anda. Password pada akun Dapodik yang baru terjadi perubahan kombinasi huruf kapital dan nomor.

Solusinya hubungi OPS Dapodik Anda. Gunakan Tool Reset Password Dapodik

3. Info GTK Versi.2019.1.1 Terdapat Bug
Info GTK V.2019.1.1 masih terdapat Bug, nyatanya tidak semua GTK yang sudah berhasil login bisa melihat validasi datanya, ternyata ada yang menemui tampilan laman maintenace.

Solusi sementaranya Anda bisa mengganti browser dengan yang lainnya misalnya Oprea, Baidu, Mozila. hal ini saya lakukan ketika membuka salah satu akun GTK di browser Chrome, sudah bisa login namun tampilannya maintence, kemudian saya coba login menggunakan browser Mozila ternyata bisa terbuka dan bisa melihat info validasinya.

4. Info GTK Versi.2019.1.1 Valid Perlu Verifikasi Dinas
Tahun sebelum jika Info GTK sudah valid tidak perlu verifikasi dinas hanya menunggu pengusulan SKTP. Hal ini tidak menjadi masalah jika JJM Anda sudah memenuhi 24 jam. Verifikasi dilakukan hanya untuk memastikan kebenaran data saja.

Anda bisa lihat pengaruhnya di tabel rombongan belajar jika Anda tampilkan. Umumnya jadwal pembelajaran ini belum fix, jam mengajar masih perlu diverifikasi. Anda juga bisa melihat kolom jumlah siswa yang masuk. Namun seperti yang saya utarakan diatas, jika Anda memakai JJM mapel murni 24 jam maka akan lebih cepat proses validasinya dibandingkan yang memakai JJM tugas tambahan.

5. Info GTK Versi.2019.1.1 Tugas tambahan dan Webservice BKN
Lihat disini Optimalkan JJM Mapel sebelum memakai jam tugas tambahan. Semenara pada guru PNS masalah yang sering terjadi pada Info GTK adalah kelengkapan data terjadi tidak kesesuaian data Dapodik dan data BKN/BKD. Jika data di Dapodik sudah benar, di Info GTK silahkan cek data pada webservice BKN.

Solusi validasi data BKN, Data yang ditampilkan pada halaman ini diambil langsung dari webservice BKN.

Jika ada perbedaan data yang ditampilkan pada halaman ini dengan dokumen yang Bapak/Ibu miliki, semua perbaikan/perubahan data hanya dapat dilakukan di BKN/BKD sesuai dengan standar prosedur yang berlaku di BKN/BKD.

Kemdikbud tidak memiliki kewenangan untuk melakukan perubahan/perbaikan data status kepegawaian PNS.

Jika data yang ditampilkan pada halaman ini sudah sesuai dengan dokumen yang Bapak/Ibu miliki dan sudah sesuai dengan entrian pada data dapodik, maka dengan ini diharapkan menunggu proses validasi selanjutnya.

Jika dalam waktu 1 minggu dari sekarang belum ada perubahan data, clik kembali tombol untuk mengecek data BKN pada info GTK.

Intinya untuk Masalah Info GTK V.2019.1.1 Bapak/Ibu guru tidak perlu baper, silahkan tunggu proses selanjutnya.

Click to comment