-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cetak Surat Keterangan Pindah/Keluar Siswa Dapodik
author photo
By On
OPS tentu sudah faham dengan cara mencetak surat keterangan pindah/keluar siswa di Dapodik. Hasil file surat keterangan pindah/keluar dari Dapodik data isiannya tidak selengkap dengan surat keterangan pindah/keluar yang dibuat manual oleh sekolah. Namun hal ini tetap harus dilakukan agar sesuai dengan prosedur Dapodik.
Cetak Surat Keterangan Pindah/Keluar Siswa Dapodik
Meskipun tidak banyak dibutuhkan oleh sekolah tujuan, paling tidak file tersebut untuk arsip dan bukti operator sekolah bahwa sudah memutasikan siswa tersebut. Hal ini juga untuk menyikapi kendala operator sekolah lain saat melakukan tarik data siswa.

Cetak surat keterangan pindah/keluar mutasi peserta didik di Dapodik hanya bisa dilakukan apabila siswa tersebut dimutasikan melalui menu registrasi. Jika alasan siswa keluar dibuat selain mutasi maka tidak muncul surat keterangan pindah/keluar.

Untuk mencetak surat keterangan pindah/keluar siswa, Anda harus login ke laman data.dikdasmen.kemdikbud.go.id namun sebelumnya sudah melakukan sinkronisasi data. Langkahnya di dasbor peserta didik ada status menu dropdown, untuk mempermudah lakukan short di menu "alasan keluar" geser scrolnya ke kanan, tekan tombol printer. Silahkan cetak.
print out SK Mutasi siswa data dikdasmen
Selanjutnya penting diperhatikan bagi operator sekolah lain untuk melakukan tambah dan tarik data PD siswa mutasi. Kebanyakan operator langsung menarik data siswa dari sekolah induk atau menambahkan manual tanpa memperhatikan status siswa pada sekolah induk.

Biasanya operator akan menambahkan siswa tersebut sebagai peserta didik baru. Jika hal tersebut dilakukan tanpa prosedur dapodik maka akan mengakibatkan kendala dan masalah bagi siswa yang datanya sudah ada dalam database dapodik. Contoh kasusnya bisa lihat di artikel Mengatasi Jenis Pendaftaran Siswa Baru hanya Untuk Tingkat Pendidikan 1,7,10

Oleh karena itu, perhatikan pada menu "Pindah/Mutasi" tampilkan sekolah asal, jika siswa tersebut sudah dikeluarkan maka operator bisa menariknya, namun tentukan juga rombel tujuannya agar siwa tersebut langsung masuk pada rombelnya.

Poin dari Cetak Surat Keterangan Pindah/Keluar Siswa Dapodik hanya untuk arsip operator dan sekolah.

Click to comment