-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Cara melihat integrasi data guru Dapodik dengan Dukcapil hanya untuk memastikan kesesuaian data seperti  NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Ibu Kandung, serta Jenis Kelamin yang ada di Aplikasi Dapodik dengan data Dukcapil. Namun jika Bapak/Ibu OPS tidak mau ribet dan susah yah, silahkan skip saja 😀.

Hanya saja dan barangkali Anda belum tahu cara mengetahui Integrasi Data Guru Dapodik & Dukcapil, saya postingkan sebagai bahan pembelajaran kita sebagai operator sekolah yang selalu sibuk dangan data-data.

Nah, jika data guru di Dapodik dan Dukcapil tidak sesuai maka akan terlihat ditandai dengan warna merah. Seperti berikut tampilannya ;
Cara Lihat Integrasi Data Guru Dapodik & Dukcapil
Misalnya nama guru di Dapodik tidak sama dengan nama di KK, terjadi perbedaan ini dikarenakan penginputan nama guru di dapodik mengacu pada nama di ijazah sedangkan di KK menggunakan nama yang lama, atau ada perubahan nama ibu kandung di KK, dll.

Sebenarnya tidak menjadi masalah yang serius meskipun terjadi perbedaan antara data guru Dapodik dan Dukcapil, namun karena menjaga kualitas data, bisa kita lakukan perbaikan. Sebagai saran agar kedepannya lebih baik maka sebaiknya data nama KK mengikuti nama ijazah karena perubahan nama lebih mudah dilakukan pada data KK daripada data ijazah.

Langkah Melihat Integrasi Data Guru Dapodik & Dukcapil

2. Login dengan akun SDM
3. Di dasbor guru Dikdasmen klik menu Dukcapil

Jika terjadi error "The specified URL cannot be found." Pada bar address (https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ptk/index.php?r=dukcapil/sekolahdashboard&id=AED74539-FB30-447D-8372-12EEEFB6BA3D) silahkan hapus akhir kata yang ini /sekolahdashboard&id=AED74539-FB30-447D-8372-12EEEFB6BA3D kemudian tekan Enter.

Untuk meperbaiki data yang salah tidak bisa melalui aplikasi Dapodik tapi harus melakukan verval PTK. langkahnya :

1. Masuk ke http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/
2. Pilih menu Pengelolaan ⇒ Perbaikan data Master
3. Pilih Edit data pada guru yang bersangkutan
4. Upload Berkas Perubahan Data

Berhasil atau di tolaknya data, Anda bisa melihat di menu Status Perbaikan Data Master. Jika berhasil maka data di dapodik akan berubah. Selamat mencoba.

Click to comment