-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Full Online
author photo
By On
Mengajukan penyetaraan ijazah luar negeri tanpa perlu lagi datang ke Ristekdikti. Sekarang Anda bisa mengajukan penyetaraan ijazah secara daring full online. Anda bisa mengunjungi alaman resminya di http://ijazahln.dikti.go.id/ijazahln/site/index.html. Baca lebih lanjut Permenristek No. 59 tahun 2017 tentang Penyetaraan Ijazah dan Konversi Nilai Indeks Prestasi Kumulatif Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri.
Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Full Online
Penyetaraan Ijazah Luar Negeri ini dimaksudkan untuk menentukan gelar yang telah diperoleh seseorang dalam menempuh pendidikan di luar negeri setara dengan ijazah jenjang pendidikan yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, penyetaraan ini bukan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh para lulusan luar negeri, kecuali disyaratkan oleh tempat kerja atau pengguna lulusan perguruan tinggi luar negeri.

Hal penting yang harus Anda diperhatikan saat melakukan proses penyetaraan ijazah adalah; sistem akademik, jumlah kredit yang diambil, masa studi, kualitas tugas akhir, dan masa tinggal di tempat dimana pendidikan tersebut ditempuh.

Pahami Alur Tata Cara Penyetaraan Ijazah

Sebelum Anda benar-benar untuk mengusulkan penyetaraan, baca dan pahami dengan baik tata cara penyetaraan ijazah luar negeri yang dapat dilihat di halaman resminya. Pastikan juga Anda melihat jadwal pelayanan karena proses penyetaraan akan tertutup secara otomatis diluar jadwal pelayanan. Alur dari pelaksanaan penyetaraan ijazah ialah sebagai berikut:
  1. Registrasi
  2. Lengkapi Persyaratan online
  3. Proses Verifikasi dan Penilaian
  4. Pengambilan SK

Persyaratan dan Ketentuan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Ada 3 persyaratan yang harus Anda penuhi untuk usulan penyetaraan ijazah;
  1. Syarat wajib yakni melengkapi dokumen scan asli dan berwarna seperti ijazah, transkip akademik, penerjemah tersumpah, halaman passport termasuk halaman kosong, silabus, kurikulum.
  2. Syarat khusus seperti Disertasi, Thesis, Artikel ilmiah.
  3. Syarat tambahan yang sewaktu-waktu diminta oleh tim jika diperlukan. Misalnya progres report riset, lampiran surat keterangan jika paspor atau visa hilang, surat tugas belajar bagi PNS.
Informasi untuk mengajukan penyetaraan Ijazah Luar Negeri full online (daring) diatas untuk perguruan tinggi. Sedangkan untuk mengajukan penyetaraan ijazah dikdasmen (SMA/SMP/SD) luar negeri melalui situs http://kemdikbud.go.id/
E-Layanan Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan layanan yang dibuat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah guna memenuhi kebutuhan para peserta didik dalam pelayanan izin belajar dan penyetaraan ijazah. Layanan ini terdiri dari layanan Penyetaraan Ijazah, layanan Izin Belajar untuk Warga Negara Asing yang ingin belajar di dalam negeri dan layanan Penyaluran Siswa untuk warga negara Indonesia dari luar negeri atau siswa Satuan Pendidikan Kerjasama (dh. Internasional) di dalam negeri ingin belajar di sekolah nasional.
Mengenai Prosedur dan Persyaratan secara lengkapnya Anda bisa baca di http://e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id/elayanan2019/. Sedangkan untuk pemohon mendaftar layanan penyetaraan ijazah, izin/perpanjangan belajar siswa WNA, serta penyaluran siswa Indonesia melalui daring (online) http://kemdikbud.go.id/

Perlunya penyetaraan ijazah ini karena adanya perbedaan sistem pendidikan antara lembaga pendidikan luar negeri/Satuan Pendidikan Kerja Sama dan pendidikan nasional. Dengan layanan penyetaraan ijazah secara full online memberi kemudahan kepada siswa untuk memiliki ijazah/diploma/sertifikat sesuai dengan aturan yang ditetapkan Kemendikbud.

Click to comment