-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara melihat kualitas kelengkapan data sekolah Anda setelah melakukan sinkronisasi data dapodik. Maka berikut ini saya postingkan cara lihat persentase indikator kualitas kelengkapan data sinkronisasi Dapodik secara lengkap.

Ada beberapa cara untuk melihat hasil progres dari proses sinkronisasi Dapodik. Salah satunya bisa dengan melihat pada tabel progres yang ditampilkan setelah melakukan sinkronisasi. Baca : Cara Cek Progres Sinkron Data Dapodik Berhasil 100%✔. Atau Anda bisa langsung ke halaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/progres. Namun hal ini kita belum bisa melihat secara detail pada setiap indikator persentase data yang ditampilkan hanya terbatas pada progres sinkronisasi saja. Misalnya pada kualitas data Identitas Sekolah, data Guru dan Tendik, data Peserta Didik dan data Sarpras apakah sudah memenuhi 100 persen atau belum.

Dengan melihat persentase kualitas data pada setiap indikator tersebut, nantinya kita bisa melakukan perbaikan pada data yang masih dibawah standar 80 persen. Misalnya persentase indikator kualitas kelengkapan data pada peserta didik yang masih terlihat 70.46 persen. Ini artinya masih ada beberapa data siswa yang belum terisikan secara lengkap meskipun sudah terdetekasi valid pada aplikasi dapodik. Oleh karena itu, kita butuh meperbaikinya sehingga harapannya semua indikator kualitas data sekolah bisa terpenuhi menjadi 100 persen.

Untuk melihat indikator kualitas kelengkapan data pada setiap item yang saya sebutkan diatas bisa melalui laman http://manajemendata.psma.kemdikbud.go.id:8033/manajemen_sma/web/ untuk jenjang SMA.
Cara Lihat Indikator Kualitas Data Sinkronisasi Dapodik Secara Lengkap
Pada laman tersebut Anda bisa melihat tanggal rekap terakhir sinkronisasi. Anda juga bisa mengunduhnya dalam file Xlsx sebagai dokumen laporan sekolah. Untuk mempercepat pencarian sekolah Anda masukkan nama sekolah dalam kolom pencarian, lihat hasil indikator kualitas datanya jika belum 100 persen lakukan perbaikan kembali.

Jika kualitas data sekolah dapodik Anda sudah memenuhi 100 persen per indikator maka kualitas data sekolah dapodik Anda sudah memenuhi target yang telah ditetapkan oleh kemdikbud.

Click to comment