-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Penyebab Data GTK Tidak Ada Di Aplikasi Dapodik 2019.c
author photo
By On
Apakah Anda sudah sukses install Dapodik versi 2019.C?. Kali ini saya hanya ingin berbagi pengalaman kecil saat melakukan instalasi dan registrasi aplikasi Dapodik karena terkendala beberapa kasus kecil yang mungkin juga terjadi pada Anda. Masalah error ini tidak pada teknis instalasinya namun karena data tidak terload dengan sempurna maka ada data yang tidak masuk.

Ternyata setelah melakukan registrasi dapodik secara online tiba-tiba ketika login dan untuk memperbaiki serta menyalin data periodik penugasan pada data GTK, semua data GTK tidak masuk pada aplikasi meskipun beberapa kali melakukan penyalinan penugasan dari semester yang lalu.

Ujung-ujungnya harus lakukan (inul) install ulang karena dengan cara apaun yang kita lakukan tidak akan membuahkan hasil untuk mengembalikan data GTK yang hilang. Karena masalah ini bukan masalah error sebab validasi bawaan dapodik.
Penyebab Data GTK Tidak Ada Di Aplikasi Dapodik 2019.c
Baca PENTING!! Cara Membuat Username Akun PTK di Dapodik 2019.c

Lantas apa penyebab semua data GTK hilang di aplikasi dapodik versi 2019.c?

Registrasi dapodik secara online dipenagruhi oleh konektifitas jaringan internet yang stabil jika konektifitas jaringan internet putus dan nyambung meskipun data terload 100 persen tetap masih ada data yang tertinggal. Sebagai bukti data GTK hilang atau data yang lain bisa juga tidak terload dan bisa juga masalah ini bisa berbeda pada kondisi Anda yang menyebabkan tidak sempurnanya data dapodik.

Seperti kasus yang lainnya ketika melakukan registrasi dapodik secara online jika keadaan jaringan tidak stabil yakni loading data hanya mampu mencapai 50 persen dan mandeg sekian lama. Jika sudah demikian meskipun Anda tutup aplikasi Dapodik, Anda juga bisa melakukan login namun saya pastikan juga ada data-data yang tertinggal sehingga data dapodik tidak sempurna.

Oleh karena itu, jika Anda melakukan registrasi dapodik secara online pastika bahwa konektifias data jaringan stabil agar sukses 100 persen data terload. Jadi Anda perlu melakukan tes ping jaringan pada "cmd"  karena meskipun ikon wifi atau LAN menunjukkan sinyal yang kuat belum tentu konektifitas data stabil.

Alternatif yang lebih aman adalah melakukan registrasi dapodik secara offline asalkan data prefill yang digenerate adalah data prefill yang terbaru. Hati-hati jangan salah unduh data prefill dapodik!.

Jika Anda sudah sukses pada aplikasi dapodik 2019.c tanpa masalah error, selamat karena Anda memang operator sekolah yang hebat 😁😁😁. Selamat bekerja.

Click to comment