-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Membuat Kuis Puzzle Sederhana Untuk Pretes dan Apersepsi
author photo
By On
Untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan (skill) peserta didik guru harus mempersiapkan model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam kompetensi yang akan di ajarkan seperti misalnya discovery learning, project based learning, puzzle, bermain peran (role playing) dan lai-lain.
Membuat Kuis Puzzle Sederhana Untuk Pretes dan Apersepsi
Media pembelajaran kuis puzzle ini bisa digunakan pada materi sejarah kebudayaan islam yakni mengenal tokoh-tokoh pembaharu islam pada masa modern. Anda bisa menggunakan sebagai alat apersepsi dan pretes atau bahkan Anda bisa mengembangkan lebih lanjut.

Selain sebagai motivasi siswa, dengan pretes dan apersepsi ini guru bisa mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik mengetahui pelajaran yang akan di ajarkan.

Dalam hal ini saya akan menunjukkan cara membuat kuis puzzle sederhana dengan menggunakan aplikasi microsoft power point karena sangat familar dan mudah dioperasikan. Jadi apa saja yang harus dipersiapkan untuk Membuat Kuis Puzzle Sederhana dengan aplikasi microsoft power?. Berikut langkahnya :

Langkah pertama; Mari kita siapkan gambar tokoh-tokoh pembaharu islam pada masa modern serta pertanyaan yang terkait dengan tokoh tersebut.

Langkah kedua; Buka microsoft power point dan membuat layout blank template serta mengatur desain slide size menjadi ukuran stardar (4:3). Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah ketiga; Setelah membuat judul kuis pada slide pertama, buat slide baru kemudian insert gambar tokoh nya. Caranya : pada tengah lembar silde, klik kanan mouse pilih format background, pilih picture or texture fiil, Selanjutnya dibawah Insert Picture From pilin File. Seperti berikut contohnya.
insert gambar Membuat Kuis Puzzle dengan power point

Langkah keempat; Kita membuat penutup gambar dengan potongan-potongan shapes yang kita bagi menjadi lima (5) bagian dimana setiap bagian nantinya akan kita isikan dengan pertanyaan. Seperti berikut.
Membuat shapes pada kuis puzzle
Untuk menutupi bagian yang lainnya menggunakan shapes Freeform (tanda merah), steelah jadi tinggal copy paste menjadi 4 bagian kita format dengan merotate dan memberi warna yang berbeda serta memberi nomor soal. Seperti berikut.
menyisipkan pertanyaan ke kuis puzzle

Langkah kelima; Membuat pertanyaan di masing-masing kotak shapes, klik pada menu insert shapes, pilih text box, kemudian pilih menu Arrange lalu pilih send to back.

Dalam hal ini Anda bisa menyusun pertayan dari yang medium ke yang mudah atau sebaliknya. Silahkan disesuaikan. bahkan Anda bisa memberikan poin untuk penyemangat. Hasil akhirnya seperti berikut.
kuiz puzzle dengan power point
Silahkan download filenya untuk belajar. https://docs.google.com/presentation/d/1HxHaga45xIPg5o4fsAPGRycs4qPvJOiDBJcTlB67Ai4 Semoga bermanfaat.

Click to comment