-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Fitur entri nilai US/USBN pada dapodik 2019.c semester genap sudah dibuka itu artinya operator segera menyiapkan nilai US//USBN untuk di entrikan ke dalam Dapodik. Jika sekolah Anda belum menggunakan aplikasi eRapor maka anda harus mengentrikan nilai satu-persatu pada tiap-tiap mata pelajaran.

Kendati entri nilai sudah menjadi tugas guru masing-masing namun bagi guru yang tidak mengerti sistem Dapodik maka akan dikembalikan lagi kepada tugas operator, bahkan terkadang semua sudah sepakat agar lebih cepat maka diserahkan langsung ke operator.

Sama halnya entri jadwal pelajaran di Dapodik, melakukan entri nilai US/USBN juga memerlukan waktu yang sangat lama jika hanya dikerjakan oleh operator semata. Hal ini dipengaruhi dengan jumlah siswa yang banyak terlebih jika sekolah memiliki jumlah rombel yang banyak.
Cara Cepat Entri Nilai US/USBN dg Aplikasi Nilai Dapodik 2019.c

Solusi Cepat Entri Nilai US/USBN Dapodik 2019.c

1. Membuat tim Penilaian dapodik

Membuat tim penilaian diharuskan dapodik bisa diakses secara online oleh guru yang bersangkutan sehingga setiap guru mata pelajaran bisa memasukkan nilai ke aplikasi dapodik tanpa melalui operator. atau bisa juga menggunakan cara akses dapodik di laptop client semi online

2. Menggunakan fitur export import nilai US/USBN Dapodik

Jika Dapodik belum bisa di akses secara online operator bisa mendownload format penilaian US/USBN kemudian membagikan kepada guru dan wali kelas untuk di isikan nilainya kemudian operator menggunakan fasilitas fitur export/import untuk mempermudah entri nilai terssebut.

3. Gunakan Aplikasi Nilai Dapodik 2019.c versi 1.0

Solusi yang terakhir ini sangat saya rekomendasikan untuk menggunakan Aplikasi Nilai Dapodik 2019.c versi 1.0 dengan bantuan tools ini sekali klik pekerjaan Anda akan terselesaikan dengan cepat dan mudah.

Sebelum melakukan instalasi aplikasi nilai dapodik 2019.c versi 1.0 pahami langkah penggunaannya agar tidak mengalami gagal atau error sehingga Anda harus unstall ulang aplikasi dapodik Anda.

Berikut prosedur yang benar sesuai dengan rekomendasi pembuat aplikasi yang saya sadur kembali karena masih banyak yang gagal faham dan terdeteksi Modifikasi Ilegal di Dapodik (akibat salah prosedur menggunakan aplikasi Nilai Dapodik 2019.c).

Yang akan menggunakan aplikasi Nilai Dapodik 2019.c versi 1.0 harus membaca dan memahami prosedur langkah kerjanya secara cermat. Dan segala resiko terhadap kerusakan data bukan tanggung jawab pengembang.

Langkah-langkah pengoperasiannya:
  1. Wajib melakukan sinkronisasi dapodik terlebih dulu
  2. Sudah menyusun mata evaluasi pada menu Nilai Rapor dan US/USBN
  3. Tutup aplikasi Dapodik selama menggunakan aplikasi Nilai Dapodik
  4. Install aplikasi Nilai Dapodik 2019.c
  5. Buka aplikasi Nilai Dapodik melalui Run as administrator dan saat muncul kotak dialog tunggu beberapa detik sebelum/setelah menekan tombol OK.
  6. Buat template excel Nilai Rapor dan Nilai US/USBN seluruh rombel kelas. Hasil file template excel secara otomatis tersimpan dalam folder Nilai_Dapodik di Documents.
  7. File nilai template excel distribusikan ke masing-masing wali kelas atau tim nilai rapor untuk diisi sesuai data nilai rapor yang ada.
  8. Jika nilai sudah diisi secara lengkap pada file template excel simpan/copykan ke dalam sub folder Impor_Nilai  dalam folder Nilai_Dapodik.
  9. Lakukan Impor Nilai Rapor dan Nilai US/USBN untuk masing-masing Rombel kelas yang sudah siap dalam sub folder Impor_Nilai.
CATATAN PENTING DARI PENGEMBANG!
Jangan sekali-kali melakukan Validasi dalam Dapodik jika belum menekan tombol Pulihkan untuk Validasi Dapodik di aplikasi Nilai Dapodik. Jika belum dilakukan maka resikonya akan kedetek penggunaan aplikasi ilegal. Tombol Reload bisa digunakan jika aplikasi Dapodik dalam kondisi sudah close.

Salinan Link download Aplikasi Nilai Dapodik 2019.c
https://www.mediafire.com/file/k8988cbwwjc9daf/NilaiDapodik_2019.c_v1.02_Installer.exe/file

Salinan Link download megatasi masalah terdeteksi Modifikasi Ilegal di Dapodik (akibat salah prosedur menggunakan aplikasi Nilai Dapodik 2019.c)
https://drive.google.com/file/d/1seEzch3LdXQJGbZLCIrZK1eta5TFz_yX/view

Untuk tutorial Cara Mengatasi Terdeteksi Modifikasi Ilegal di Dapodik (akibat salah prosedur menggunakan aplikasi Nilai Dapodik 2019.c) tanpa harus install ulang Dapodik, caranya ikuti video
https://www.youtube.com/watch?v=RNc-n8bs12E

Terimakasih kepada Pak Adithya Eka Ramadhan seorang OPS Master yang selalu membantu teman-teman OPS se Indonesia.

Selamat bekerja semoga berhasil.

2 komentar

Click to comment