-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

✔7 Tanya Jawab Data Prefill Dapodik 2019.c
author photo
By On
Tanya jawab seputar Data Prefill Dapodik 2019.c yang secara umum ini hanya sebagai bahan literasi online saja yang saya sadur kembali dari FAQ seputar aplikasi Dapodikdasmen 2019.c. Mengingat hanya sebagian kecil saja orang yang tahu tentang data prefill dapodik khususnya OPS.
✔7 Tanya Jawab Data Prefill Dapodik 2019.c
1. Apa definisi data prefill? 
Prefill adalah data sekolah beserta isinya yang telah “compressed” menjadi prf file. Prefill ini adalah database sekolah hasil pengiriman terakhir Dapodik. Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya dapat berlanjut ke data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator sekolah tidak melakukan input data untuk kedua kalinya.

2. Apakah fungsi data prefill?
Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi data-data sekolah yang telah dimasukkan pada aplikasi sebelumnya.

3. Dimana bisa mendapatkan data prefill?
Data prefill bisa didapat di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Pastikan data prefill tersebut yang terbaru (update) melalui generator prefill.

4. Apa yang dimaksud dengan generate data prefill?
Updating data awal prefill dengan hasil sinkronisasi terakhir ke server. Sehingga data prefill menjadi ter-update dengan data kiriman ke server terakhir. 

5. Dimana dapat difasilitasi untuk melakukan generate prefill?
Generate prefill bisa dilakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat untuk generate prefill adalah:  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan dan pilih menu Prefill.

6. Jika komputer bermasalah (hilang, rusak, atau ganti komputer) apa yang harus dilakukan?
Lakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi seperti prosedur awal instalasi. Dengan demikian, pada aplikasi lokal sekolah akan mucul data hasil kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting dan perlu dilakukan agar operator tidak menginput data dari awal lagi. Jika prosedur ini tidak dilakukan dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, karena data di server sudah pernah ada.

7. Apakah dapat menggunakan data prefill tahun ajaran sebelumnya?
Tidak  bisa, penggunaan prefill hanya dapat digunakan satu kali (dalam satu proses)

Masih berkaitan dengan data dapodik silahkan baca juga ✔16 Tanya Jawab Kode Registrasi Dapodik 2019.c untuk melengkapi tanya jawab Data Prefill Dapodik 2019.c

Click to comment