Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Di era milenial ini, dunia pendidikan sudah harus terintregasi dengan teknologi, penggunaan TIK sudah tidak asing lagi dikalangan pendidik. Kemdikbud sudah menggalakan bahwa semua ujian sudah harus berbasis CAT seperti UNBK, USBN, TryOut dan yang lainnya.
Membuat Soal Online Sederhana Dengan Microsoft Forms
Bahkan di setiap sekolah sudah melaksanakan ujian mandiri seperti UTS, US, UAS UKK dengan menggunakan aplikasi CBT yang bisa diakses baik secara online maupun semi online.

Untuk menunjang pelaksanaan CBT tersebut setidaknya guru sudah harus bisa membuat soal secara online dengan berbagai aplikasi baik dalam bentuk yang sederhana maupun yang sudah expert.

Diluar sana sudah banyak situs yang menyediakan berbagai aplikasi pembuat soal online yang bisa dipakai secara gratis. Seperti Google Form Quiz, Anda bisa membuatnya di  https://docs.google.com/forms/, Quiz Maker, Ispring Suite, Question Writer, Microsoft Forms Quiz dan lain-lain.

Kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial cara membuat soal online sederhana dengan Microsoft Forms Quiz untuk ulangan harian.

Microsoft Forms adalah pencipta survei online, tersedia untuk pelanggan Office 365 Education. Dirilis oleh Microsoft pada Juni 2016, Formulir memungkinkan pendidik membuat survei dan kuis dengan penandaan otomatis. Data dapat diekspor ke Microsoft Excel. Wikipedia.

Dalam hal membuat soal online ini, kita tidak menggunakan Office 365 Education, tetapi hanya meminjam fasilitas microsoft form yang bisa kita kases secara online baik melalui Laptop, PC, maupun SmartPhone.

Langkah Membuat Soal Online Sederhana Dengan Microsoft Forms

1. Silahkan buka https://forms.office.com

Untuk dapat menggunakan forms office, Anda harus memiliki akun. Silahkan daftar gratis melalui tautan ini https://signup.live.com/signup. Baca cara buat akun microsoft dengan gmail.

Silahkan login dengan email yang Anda buat.

2. Pada Dasbor forms.office.com

Silahkan Klik pada ikon Buat Kuis Baru
Microsoft Forms kuis baru

3. Mengatur Header Quiz

Pada bagian ini kita akan menuliskan judul ulangan dengan menambahkan logo sekolah dan menuliskan deskripsi ulangan.
Mengatur Header Quiz microsoft form
Untuk menyisipkan gambar logo sekolah silahkan klik ikon gambar ⇒Unggah⇒Upload

4. Membuat Pertanyaan Pilihan ganda

Membuat Pertanyaan Pilihan ganda Microsoft forms
Klik pada menu "Tambah pertanyaan" Ada beberapa pilihan disana. Karena kita akan membuat pertanyaan pilihan ganda maka pilih "Pilihan"
1. Kolom pertanyaan
2. Menyisipkan pertanyaan dalam bentuk gambar
3. Mengunci jawaban
4. Tambah opsi jawaban
5. Memberikan poin jawaban yang benar
6. Mengaktifkan fitur harus diisi

5. Menampilkan pengaturan lanjutan Soal

Anda bisa melakukan pengaturan lanjutan untuk soal pada tanda (...)
Menampilkan pengaturan lanjutan Soal
Acak opsi untuk melakukan pengacakan soal
Drop-down untuk menampilkan jawaban secara drop-down
Matematika untuk menampilkan rumus matematika
Sub judul untuk menambah beberapa soal pernyataan

6. Menu Tanggapan

Pada menu ini Anda bisa melihat seluruh responden yang sudah mngerjakan soal. Anda juga bisa mendownload hasil tanggapan dalam format excel.

7. Pengaturan Lanjutan

Pada opsi ini Anda bisa melakukan pengaturan lebih lanjut sebelum membagikan soal Anda. Lihat pada tanda (...) diujung kanan atas.
Opsi untuk kuis tampilkan hasil otomatis atau tidak. Jika menampilkan otomatis hasil akan langsung dilihat responden setelah melakukan konfirmasi selesai.

Opsi untuk tanggapan, bisa melakukan setting tanggal mulai dan selesai. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

8. Bagikan Soal

Ada 4 pilihan untuk membagikan soal yakni : Menggunakan tautan link, menggunakan kode QR, Menyematkan langsung di blog, serta melalui email.
Untuk menampilkan soal silahkan scan kode. Tertarik silahkan dicoba.

2 komentar

avatar

Jika sebagai pembuat soal harus memiliki email microsoft outlook, apakah sebagai peserta(siswa) harus memiliki email outlook juga? Seperti googleform
Terima kasih

avatar

Tidak harus karena aplikasi yang dipakai ini yang online

Click to comment