Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Dunian pendidikan terus berkembang dengan inovasi-inovasi terbaru, metode dan alat pembelajarannya pun selalu berkembang. Hal ini disebabkan kemajuan teknologi yang semakin pesat sehingga proses belajar mengajar menuntut untuk menguasai teknologi informatika dan komunikasi (TIK).

Banyak cara yang digunakan oleh guru untuk memotivasi siwanya dalam kegiatan belajar seperti misalnya membuat pembagian peran, studi kasus, simulasi, debat, transfer pengetahuan secara singkat, diskusi, presentasi dengan audio-visual serta membuat kerja kelompok kecil. Termasuk memberikan reward poin apabila siswa mampu menjawab dan memecahkan masalah yang diberikan oleh gurunya.

Salah satu metode yang sering digunakan oleh guru adalah pretest. kuis (Pretest) adalah sebagian bagian dari usaha untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan mereka tentang  materi pelajaran yang saat itu sedang dipelajarinya.

Kuis interaktif ini merupakan penggabungan dari metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas yang dikemas dalam suatu permainan kuis. Permainan seperti ini memberikan kesempatan kepada pemain dan semua peserta bahkan penonton untuk melakukan upaya kreatif.

Dalam hal ini agar lebih menarik sedikit merubah pola kuis dengan memperpadukan scan barkode yakni menyembunyikan pertanyaan dalam sistem barkode.

Anda bisa membaginya menjadi beberapa level tingkatan. Anda bisa memberikan reward poin yang berbeda dalam setiap tingkat level. Anda juga bisa mengurangi poin jika siswa tidak mampu memecahkan masalah.

Untuk merancang skenario proses pembelajaran dengan metode kuis, tentu saja yang ahlinya adalah Anda sendiri. Namun dalam hal berkaitan dengan alat yang dipakai saya akan memberikan langkah cara membuat kuis dengan Barkode.
Cara Membuat Kuis dengan Barkode untuk Memotivasi Siswa

Langkah Membuat Kuis dengan Barkode :

Pertama, siapkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
Kedua, silahkan kunjungi laman https://www.barcodesinc.com/generator/qr/
Ketiga, copy pastekan pertanyaan ke Text to embed in QR Code, kemudian create QR code
Keempat, Klik kanan pada QR code kemudian simpan gambar sebagai...
Kelima, buka microsoft word kemudian insert QR code
Keenam, print out QR code (barkode)

Agar metode kuis ini bisa berjalan dengan baik, Anda juga perlu menyiapkan aplikasi scan barkode pada smartphone siswa.

Baca juga cara membuat soal online dengan microsoft forms

Semua metode pemebalajaran tidak luput dari kelebihan dan kekurangan, Namun setelah Anda mencoba pasti akan tahu betapa besar manfaat yang dapat diambil dari metode quiz team ini.

Click to comment