-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Masalah Dapodik yang sampai sekarang belum juga tuntas dan mendesak untuk segera dilakukan verifikasi adalah adanya data peserta didik berganda.

Data peserta didik yang ganda tersebut seperti ; masih adanya satu peserta didik tercatat lebih dari satu dalam sekolah yang sama atau sekolah yang berbeda serta satu peserta didik tercatat lebih dari satu rombel dalam satu sekolah.

Sebagaimana sesuai dengan informasinya bahwa Tim Manajemen Dapodikdasmen telah melakukan proses pembersihan/cleansing dengan mengeluarkan data peserta didik yang terindikasi ganda dari anggota rombel.

Maka untuk perbaikan data peserta didik ganda pada Dapodik oleh sekolah harus sudah dilakukan sebelum cut off BOS Tanggal 31 Januari 2019.

Mengenai petunjuk tata cara perbaikan data ganda ini, Dapodikdasmes sudah mengunggah pada menu troubleshoot. Untuk ikut menyebarkan informasi troubleshoot data peserta didik ganda berikut ini saya kutip kembali:
Atasi Data Peserta Didik Ganda di Dapodik 2019 Versi Dapodikdasmen

Langkah mengatasi data peserta didik ganda di Dapodik 2019 versi Dapodikdasmen.

Sebelum memulai, perhatikan ketentuan perbaikannya :
  • Data siswa berganda adalah siswa tersebut terdaftar lebih dari 1 kali dalam 1 sekolah yang sama atau sekolah yang berbeda.
  • Penyebab siswa berganda tersebut akibat dari penggunaan prefill lama yang sudah pernah terpakai (re-use prefill) atau siswa mutasi namun sekolah asal belum mengeluarkan data siswa tersebut.
  • Registrasi hanya dapat dilakukan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.
  • Perbaikan data dapat dilakukan pada pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 dan Versi 2019.b
Ikuti langkahnya dengan benar agar Anda berhasil.
  1. Lakukan uninstall Aplikasi Dapodikdasmen yang sudah terpasang.
  2. Lakukan Generate Prefill baru pada laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan (tab prefill). Pilih salah satu tautan generate prefill yang telah disediakan
  3. Install Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.
  4. Registrasi secara offline dengan menggunakan prefill baru tersebut.
  5. Periksa data siswa yang belum masuk rombel karena telah dilakukan pembersihan/penghapusan anggota_rombel di server pusat.
  6. Petakan (mapping) masukkan kembali ke dalam rombongan belajar jika siswa tersebut masih aktif di sekolah anda.
  7. Keluarkan peserta didik jika peserta didik tersebut tidak terdaftar di sekolah anda (Mutasi/berganda) pada menu registrasi peserta didik
  8. Lakukan sinkronisasi dengan langkah sebagai berikut:
  9. Pastikan terkoneksi internet dan lakukan sinkronisasi
  10. Update versi sinkronisasi
  11. Klik tombol reload pada menu sinkronisasi
  12. Lakukan sinkronisasi
  13. Cek kembali hasil sinkronisasi di laman: http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
Demikian cara atasi data peserta didik ganda di Dapodik 2019 versi Dapodikdasmen. Anda juga bisa mendownload panduan troubleshoot peserta didik ganda : langkah-langkah perbaikan sekolah terdeteksi siswa berganda dalam format pdf nya.

Semoga berhasil.

Click to comment