Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Cara mengatasi masalah error Koordinat Maps Dapodik dengan aplikasi Akurasi Koordinat Dapodik (Aplikasi Maps2Dapodik 2019) Sekali Klik. Permasalahan ini timbul ketika anda akan mengentri data Peta Koordinat yakni mengisi garis bujur dan garis lintang rumah, baik pada data koordinat maps siswa maupun data koordinat maps PTK kemudian timbul notifikasi An Error Occured: " Over_Querry_Limit" .

Koordinat Maps Dapodik 2019 ini harus di isikan karena pada semester dua nanti diwajibkan mengisi titik koordinat tersebut, hal tersebut terbaca pada menu validasi peserta didik yang apabila tidak di isi maka data peserta didik tersebut akan di invalidkan. Sebenarnya dengan langsung mengklik tanda oke pada popup notifikasi An Error Occured: " Over_Querry_Limit" sudah bisa namun data koordinat garis bujur dan garis lintang akan terisikan sama semua pada setiap siswa maupun PTK. Hal ini menunjukan bahwa akurasi Peta Koordinat tidak wajar meskipun sudah tidak terdeteksi warning pada menu validasi.
Error Koordinat Maps Dapodik Atasi dg Aplikasi Maps2Dapodik 2019 Sekali Klik
Lantas adakah solusi untuk mengatsi masalah error koordinat Maps Dapodik dengan cepat? sebab untuk mengisikan secara manual membutuhkan waktu yang lama karena harus satu persatu dengan kondisi siswa yang ribuan.

Akurasi Koordinat Dapodik dengan Aplikasi Maps2Dapodik 2019. Tools ini sangat smart karena dapat menunjukan 100% akurasi dan hanya sekali klik kurang dari 1 menit. Namun sayangnya Aplikasi Maps2Dapodik 2019 belum dirilis dan di share secara umum untuk operator karena yang membuat masih takut dengan kelegalan aplikasi tersebut. Mereka khawatir terkena UU ITE jika ada yang tidak berkenan database yang digunakan tanpa seijin pemiliknya.

Sebagai solusi alternatif untuk mengatasi Akurasi Koordinat Dapodik bisa menggunakan Aplikasi DapoBrowser 2019. Aplikasi ini masih menerapkan sistem copy paste namun dengan cara smart sehingga prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan cara biasa. Aplikasi ini sama halnya seperti browser biasa hanya fiturnya yang jauh lebih sederhana dan dikhususkan untuk kepentingan pengisian titik koordinat dengan menggunakan google maps.

Berikut langkah menggunakan Aplikasi DapoBrowser 2019

Seperti yang saya sadur dari laman aslinya, langkah ini harus dilakukan sesuai dengan prosedurnya. Sebelum menggunakan aplikasi ini supaya dapat digunakan harus sudah terinstall driver psqlodbc dan Net Framework 4.0. Pastikan sebelum menggunakan aplikasi ini WAJIB terlebih dulu melakukan sinkronisasi Dapodik untuk antisipasi terjadinya kesalahan sistem.

Cara kerjanya secara garis besar langkahnya seperti ini:

  1. Tutup browser aplikasi Dapodik 2019 dan aplikasi lainnya
  2. Buka aplikasi DapoBrowser 2019 (saat pertama kali menggunakan akan muncul notifikasi, tunggu 30 detik setelah klik OK)
  3. Klik tombol Dapodik dan login seperti biasa menggunakan aplikasi Dapodik. Untuk cara cepat memasukkan email dapat menekan tombol Ctr+U
  4. Pada Validasi cek terlebih dulu nama-nama peserta didik yang masih kosong belum terisi lintang bujur (ada warning)
  5. Buka menu Peserta Didik lalu Ubah pada peserta didik yang mau diisi/diubah data koordinatnya dengan mengarahkan ke isian lintang dan bujur. Jangan  lupa kosongkan terlebih dulu untuk data yang ada. 
  6. Klik tombol Maps dan cari pada nama yang ingin diubah/diisi data koordinatnya. Ubah tampilan google maps model satelit dan tunggu sampai google maps menemukan lokasi yang paling terdekat. Jika tidak sesuai tinggal arahkan ke titik koordinat tempat tinggal peserta didik. Klik pada titik tempat tinggal peserta didik biar lintang bujur menyesuaikan.
  7. Klik tombol Dapodik, lalu pada isian lintang tekan Ctrl+L dan pada isian bujur tinggal tekan tombol Ctrl+B
  8. Klik Simpan lalu tutup dan ulangi terus sampai selesai dari langkah nomor 3 sampai nomor 8.
Link Download driver psqlodbc:
https://ftp.postgresql.org/pub/odbc/versions/msi/psqlodbc_10_03_0000.zip

Link Download Aplikasi DapoBrowser 2019:
https://drive.google.com/file/d/15SKC5U32YjM7fGoHX3T60SW9KZ4dOOrM/view

4 komentar

avatar

KATA SANDI UNTUK KOORDINAT DAPOBROWSER APA MAS.. SEMOGa bermanffat untuk banyak operator yang kesusahan email.sdsukorejo1bojonegoro@gmail.com

avatar

jika belum diganti << free4ops >>
Saya sarankan untuk mengikuti di chanel resminya https://www.youtube.com/channel/UCLAbYOVDu3TGKgibDVywAMQ untuk mengikuti perkembangan tools dapodik terbaru

avatar

share dong pak buat mengurangi pekerjaan sebagai OPS yang semakin banyak Denybks@gmail.com

avatar

sangat kesulitan banget dengan jumlah mirid yang banyak,,cari satu2,,,hadeuhhh

Click to comment