Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Cara mengatasi error data warning pada aplikasi dapodik yang diubah menggunakan aplikasi selain Dapodik. Pada saat anda membuka aplikasi dapodik anda kemudian anda menemukan dalam kolom validasi yang menyatakan bahwa ada beberapa data yang telah diubah dengan menggunakan aplikasi lain selain aplikasi dapodik baik itu data peserta didik maupun data guru, sebenarnya tidak perlu panik karena untuk mengatasi error tersebut sangatlah mudah.
Mengatasi Warning Data PD dan PTK Error Diubah Dengan Aplikasi Selain Dapodik
Memang sangatlah disarankan bahwa ketika mengupdate aplikasi dapodik tidak boleh menggunakan aplikasi pihak ketiga karena sudah dipastikan akan merusak database aplikasi Dapodik.

Sebenarnya penyebab dari error aplikasi dapodik sangatlah beragam bisanya disebabkan karena belum melakukan update installer aplikasi dapodik yang terbaru atau melakukan patching yang terbaru. Seperti masalah error data peserta didik maupun data guru.

Untuk menyelesaikan masalah error peringatan atau warning data peserta didik maupun data guru yang diedit dengan aplikasi selain Dapodik cukup melakukan edit pada tabel yang terkait dengan masalah error tersebut.

Langkah memperbaikinya adalah dengan membuka lembar edit data yang terbaca error tersebut misalnya pada data peserta didik atau data guru. Kemudian lakukan perubahan pada salah satu Tabel data yang tidak dikunci misalkan tabel RT atau RW setelah itu simpan kembali. Selanjutnya silakan periksa lembar validasi maka saat itu juga pesan error akan hilang dengan sendirinya.

Namun untuk meperbaiki peringatan pada data NISN atau data NUPTK tidak bisa dilakukan langsung melalui aplikasi dapodik karena tebel data tersebut terkunci. Untuk memperbaiki data NISN atau NUPTK melalui laman verval PD dan verval PTK.

Perlu diingat bahwa error ini bisa saja terjadi setiap kali saat ada update installer Dapodik terbaru oleh karena itu, sebelum melakukan update lakukan siyncron terlebih dahulu dan pastikan bahwa syncron data sudah terbaca 2X24 jam sehingga ketika melakukan update data tidak mengalami error.

Click to comment